fbpx
Beranda » Family » Tips Mudik Saat Lebaran



Libur telah tiba, libur telah tiba, mudik, mudik, mudik! Hore!

Ga kerasa ya bahwa sudah mendekati hari Idul Fitri 1439 H, berarti saatnya mudik lebaran 2018! Pastinya silahturahmi dengan keluarga dan kerabat terdekat perlu setiap saat tapi hari Raya Idul Fitri menjadi momen berharga untuk bisa berkumpul bersama. Gimana nih persiapan kamu dan keluarga? Mimin mau kasih tips nih biar mudik kamu terasa menyenangkan dan lancar.

Cek Keperluan Perlengkapan dan Peralatan, Tentunya Kesehatan Juga

Pastinya bagi kamu yang mau mudik lebaran sudah tau betapa pentingnya kesehatan dan keselamatan selama perjalanan mudik lebaran. Nah, mimin mau mengingatkan bahwa cek semua perlengkapan dan peralatan sangatlah wajib dilakukan. Perlengkapan yang dimaksudkan misalnya keperluan sekeluarga selama perjalanan, pastinya kebutuhan kamu, mama, papa beserta adik kakak kamu berbeda. Buat adik kamu yang masih kecil pasti butuh perlengkapan seperti selimut, susu dan makanan atau minuman yang sesuai dengan umurnya. Atau kamu memiliki boneka atau bantal kesayangan yang ga bisa kamu tinggalkan. Pakaian yang kamu bawa perlu kamu sesuaikan loh, bawalah yang memang akan kamu pakai dan tambahkan hanya beberapa potong pakaian. Jadi biar bawaan kamu juga ga memberatkan selama kamu melakukan perjalanan mudik lebaran.

Peralatan seperti tas, koper, tempat makan dan minum juga perlu kamu cek karena kamu pastinya membutuhkan ruang untuk menaruh barang- barang yang kamu bawa hingga kamu kembali ke kota tempat tinggal kamu. Jangan sampai koper atau tas sudah kurang kuat, masih kamu bawa dalam perjalanan, kan sayang banget kalo nanti rusak saat kamu gunakan atau kamu perlu membeli yang baru. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, pastikan bahwa kondisi kendaraan pribadi kamu dalam keadaan baik. Kamu bisa bawa ke bengkel dan mengecek bagian mana yang perlu diperbaiki sebelum digunakan untuk perjalanan mudik lebaran. Begitu juga dengan perlengkapannya seperti tanda segitiga, ban serep, tang dan sebagainya serta kotak P3K.

Naaah, jangan lupa dengan kesehatan karena menjadi paling utama untuk melakukan perjalanan mudik lebaran bersama keluarga dan kerabat. Hal yang bisa dilakukan sebelum pergi yaitu mengecek kesehatan kamu di rumah dan rumah sakit jika perlu. Kalo kamu atau anggota keluarga kamu sudah merasa kurang sehat atau ada gangguan kesehatan lainnya, menunda waktu kepergian mudik bisa menjadi keputusan yang bisa ditentukan. Atau segeralah periksakan ke dokter sehingga bisa mendapat pengobatan yang tepat agar bisa melakukan perjalanan mudik lebaran. Jika kondisi kesehatan kamu sungguh mengkhawatirkan, mungkin perjalanan mudik di tahun depan merupakan jalan terbaik. Penting juga buat melakukan jaga makanan selama melakukan perjalanan mudik hingga kembali ke kota asal kamu loh. Jadi coba cek segalanya sebelum kamu melakukan perjalanan mudik lebaran ya gengs!

Ketahui dan Catat Informasi Penting

Informasi penting mengenai keadaan atau kondisi perjalanan yang kamu tempuh, perlu kamu ketahui sehingga kamu bisa mengira kapan waktu yang tepat untuk berangkat. Kamu perlu mengetahui informasi itu untuk semua tujuan kamu ya, biar kamu ga buang- buang waktu di jalan. Misalnya, kamu berada di Jogja untuk bersilahturahmi dan mau berekreasi bersama keluarga besar, kamu perlu mengetahui kondisi perjalan yang mengarah tujuan destinasi itu. Jika terjadi kemacetan, gunakan jalan alternatif lain atau bisa mengganti opsi tujuan destinasi yang tetap seru dan menyenangkan bagi keluarga besar kamu. Buatlah rencana perjalanan yang efektif dan buatlah mudik ini menjadi waktu bersama lebih berkualitas dengan keluarga besar.

Nah, penting juga kamu mencatat nomor darurat untuk menangani situasi yang tidak terduga, mimin kasih tau ya nomor darurat yang bisa kamu hubungi.

  • Layanan Polisi bisa kamu hubungi ke nomor 110.
  • 112 merupakan nomor darurat telepon selular dan satelit.
  • Pemadam kebakaran bisa dihubungi di nomor 113 atau 1131.
  • Saat ada bencana, kalian bisa menghubungi Badan SAR di nomor 115
  • Jika kamu butuh ambulans dalam waktu 24 jam bisa hubungi 118 dan 119.
  • Untuk pengaduan tentang masalah listrik, bisa menghubungi 123.
  • Kalo mobil kamu mogok, hubungi call center Jasa Marga (021) 80880123

Kamu bisa catat nomor darurat di atas ya, semoga perjalanan mudik lebaran kamu bisa lancar dan selamat selalu.



Nikmati Momen Berharga

Momen kumpul bersama keluarga di hari yang fitri memang waktu yang sangat berharga untuk bisa menjalin silahturahmi. Nikmatilah momen bersama keluarga dengan menjauhkan kesibukan pribadi sejenak, akan lebih baik selama hari yang fitri nanti. Bisa loh hindari penggunaan gadget yang berlebihan, misalnya hanya untuk membalas pertanyaan yang datang dari hal kurang penting. Atau tuliskan pesan yang menyebutkan untuk menelpon nomor kamu jika kondisi sangat mendesak dan penting. Gadget yang kamu bawa pun haruslah bisa mendekatkan hubungan keluarga besar kalian ya, misalnya bermain game yang seru bersama. Atau merekam dan mengabadikan waktu bersama keluarga besar, seperti memotret atau merekam video ketika makan bersama. Gunakanlah gadget yang kamu bawa secara bijak ya!

Habiskanlah waktu bercanda dan tertawa bersama keluarga kalian di setiap tempat, misalnya saat berada di mobil ataupun tempat wisata. Jika memang perlu istirahat, beritahukanlah agar tidak terbawa emosi atau keadaan berubah menjadi kurang nyaman. Bersenang- senanglah dan hargai kebersamaan kamu dan keluarga ya.

Kelola Pengeluaran Selama Perjalanan Mudik

Bagi kamu yang sudah punya keluarga kecil sendiri, jangan lupa untuk membagi jatah pengeluaran selama perjalanan mudik. Misalnya kamu sudah memperkirakan berapa budget yang sesuai dalam perjalanan, berapa harga tempat wisata yang akan dikunjungi, seberapa besar budget untuk membeli oleh- oleh dan persiapkan budget untuk kebutuhan yang di luar dugaan. Jangan sampai kamu malah kehabisan biaya untuk kebutuhan kamu sehari- hari saat kembali memulai kegiatan seperti biasa. Kamu juga bisa mendapat kebahagiaan dengan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan seperti bermain permainan tradisional, bertukar cerita mengenai kehidupan keluarga, mengunjungi rumah kerabat yang terdekat dan masih banyak hal lainnya.




Segenap keluarga besar LANGKAH KAKI – TOUR ORGANIZER mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H bagi semua yang merayakan ya. Mohon maaf lahir dan batin.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.