fbpx
Beranda » Info Wisata » Susah Sinyal Gak Masalah Asal Bisa Menikmati Pulau Sumba

Keindahan alam Indonesia ga pernah ada habisnya, siapa yang setuju?

Wisata Pulau Sumba – Selain Bali yang paling terkenal dari Indonesia di mata dunia, destinasi yang wajib dikunjungi sebenarnya masih banyak. Mimin aja masih mau banget explore berbagai destinasi wisata seperti Bangka Belitung, Pahawang, Derawan, Raja Ampat, termasuk Sumba. Nah, kali ini mimin mau cerita tentang Pulau Sumba aja deh, seru banget di sana. Gak kalah dengan tempat yang sudah terkenal dari Indonesia.

Pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur ini, pamornya semakin terkenal keindahannya dengan semakin banyaknya orang yang posting di media sosial. Ditambah lagi dengan adanya film Susah Sinyal garapan Ernest Prakasa pada tahun 2017. Film yang mengambil lokasi syuting di Pulau Sumba menarik penontonnya untuk pergi melihat keindahan alamnya langsung. Bahkan mimin pernah tanya bahwa penah banyak banget orang yang pergi ke Sumba setelah film itu tayang. Sampai hari ini pun, daerah asal Marion Jola ini, jadi salah satu destinasi yang pengen banget dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara.



Letaknya yang lebih ke timur dari Bali, membuat jadwal penerbangannya jarang serta bandara yang dinilai cukup sederhana. Eh, tapi bro sis Langkah Kaki ga berpikiran bahwa Sumba sama dengan Sumbawa kan? Benar, keduanya berbeda loh. Seperti yang mimin tulis tadi, Sumba berada di NTT sedangkan Sumbawa ada di NTB atau Nusa Tenggara Barat. Jadi, jangan salah tebak lagi ya di mana itu Pulau Sumba. Dan ternyata, Sumba juga sudah menjadi destinasi liburan David Beckham di Agustus 2018 lalu, berarti ga salah kalo bro sis Langkah Kaki jadikan Sumba sebagai wishlist wisata kalian.

Pasti pertanyaan yang ditunggu bro sis Langkah Kaki, destinasi mana aja yang wajib dikunjungi?

Sebenarnya mimin bingung karena emang banyak banget tujuannya, tapi akan mimin tuliskan yang seenggaknya bisa kamu kunjungi apalagi jika kamu ikut open trip dari Langkah Kaki Adventure.

Kampung Adat Ratenggaro, Pulau Sumba Barat

Sebenarnya sebelum sampai di Kampung Adat Ratenggaro, bro sis Langkah Kaki udah bisa liat rumah adat khas Sumba di perjalanan. Bentuk rumah adat ini sangat khas dan hanya bisa ditemui saat berada di daerah Sumba. Nah, ternyata rumah adat ini tinggi, memiliki ukuran bagian atas yang ramping dan bagian bawah yang melebar. Apa makna dari bentuk rumah adat khas Sumba? Ternyata, bagian atas yang tinggi menjulang untuk menaruh hasil panen agar tetap aman dan awet. Sedangkan bagian bawah barulah menjadi tempat tinggal dari keluarga yang menempati rumah adat khas Sumba. Rumah adat khas Sumba pun memiliki tempat untuk hewan ternak, persis di bawah rumahnya. Jadi jangan heran kalo kalian ketemu dengan berbagai hewan seperti ayam, bebek, sapi, kuda dan hewan ternak lain.

Buat bro sis Langkah Kaki yang bosan hidup di tengah perkotaan, kalian akan disambut dengan senyum ramah para penduduk, terutama dari para anak kecil. Ga usah sungkan buat melambaikan tangan ke mereka dan menyapa mereka ya bro sis. Wajib juga kalian mengabadikan gambar bro sis di tengah kampung adat Ratenggaro ini.

(Dok. Pribadi: Farisa Nabila)

Pantai Mbawana, Pulau Sumbawa Barat

Pernah ke Nusa Penida, Bali bro sis? Nah, Pantai Mbawana ga kalah dengan Nusa Penida, bedanya kalian bisa melangkah di tengah lubang yang terbentuk secara alamiah di pinggir pantai yang sangat indah. Pantai yang memiliki pasir putih ini dengan air biru yang memukau, membuat bro sis Langkah Kaki bakal lupa seperti apa perjalanan ke Pantai Mbawana. Yaps, perjalanan yang berharga juga punya tantangannya sendiri jadi jangan mudah lelah ya untuk open trip ke Sumba ini. Jika bro sis punya sandal gunung, wajib dibawa ya selama perjalanan ke Sumba.

(Dok. Pribadi: Desiana Nurul Aini)

Laguna Weekuri, Sumba Barat

Laguna Weekuri atau Weekuri Lagoon salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi selama di Sumba. Sesuai dengan kata laguna, tempat ini adalah danau yang ada di pinggir laut, di mana airnya berisi air asin seperti di lautan. Mata kalian akan dimanjakan oleh pemandangan Laguna Weekuri yang berisikan air biru di danau yang indahnya luar biasa. Bro sis Langkah Kaki akan menelusuri jalan setapak yang mengarahkan kalian di tebing pada tengah perbatasan antara danau dan laut. Kalian juga bisa berenang di danaunya, jika kalian sampai di sini pagi hari kedalaman airnya masih dangkal. Ketinggian air akan bertambah seiring waktu berjalan hingga sore, di tengah danau terdapat tangga yang bisa kalian lihat ketinggian air meningkat.Buat yang suka snorkeling, kalian bisa dengan mudah melakukannya di Laguna Weekuri ini dan tetap berhati- hati dengan bulu babi ya. Ga kebayang serunya berada di sini? Makanya langsung ikutan open trip Sumba bersama Langkah Kaki Adventure ya bro sis.

Pantai Mandarok, Sumba Barat

Setelah berenang dan bersantai di Laguna Weekuri, keindahan pantai Mandarok menjadi salah satu hal yang memanjakan mata kalian. Pandangan air pantai yang biru dan pasir putih membuat bro sis Langkah Kaki ingin nyebur lagi. Di Pantai Mandarok ini juga bro sis Langkah Kaki disuguhkan tebing yang cukup luas sebelah lautan. Jangan lupa topi atau gunakan sunscreen ya bro sis, buat yang ga masalah dengan perubahan warna kulit, pantai ini jadi salah satu tempat berjemur. Saat berada di Pantai Mandarok, para anak kecil yang menjual souvenir khas Sumba akan berdatangan ke bro sis. Tetap berikan senyuman teramah kalian dan jika tidak ingin membeli, kalian bisa menolaknya dengan tegas dan ramah ya. Untuk souvenirnya sendiri, terdiri dari kalung yang lambang perhiasan khas Sumba, juga ada gelang kulit berasal dari tanduk sapi. Range harga souvenir dimulai dari Rp15.000,- hingga Rp50.000,- jadi bro sis bisa siapkan uang pas ya.

(Dok. Pribadi)

Air Terjun Waimarang, Sumba Timur

Ga kalah indah dengan pantai yang ada di Sumba, Air Terjun Waimarang wajib dikunjungi dan buat bro sis wajib juga terjun dari tebingnya ya. Air Terjun Waimarang sendiri butuh waktu tempuh sekitar 15-25 menit dari tempat parkir. Jadi siapkan topi ataupun gunakan sunblock agar terlindungi dari panas matahari, bagusnya sih berangkat di pagi hari sebelum matahari berada di posisi paling tinggi. Perjalanan untuk mencapai air terjun Waimarang akan terbayar setelah bro sis Langkah Kaki sampai dan melihat begitu biru kehijauannya air. Uniknya dari air terjun ini terdapat sebuah lubang untuk air yang begitu dalam dan ada lubang kecil di antara tebing yang mengelilingi air terjun ini.

Seperti mimin katakan tadi, bro sis harus banget terjun untuk menyelami seberapa dalam lubang besar di air terjun Waimarang ini. Kemudian, buat yang penasaran dengan lubang kecil yang udah mimin sebut, bro sis Langkah Kaki bisa jalan merayap di tebing menuju ke sana. Katanya ada air terjun lagi yang begitu indah, sayangnya mimin takut kebayang jatuh dari tebing pas lagi merayap di situ hihi. Kalian tinggal loncat aja jika sudah mencapai lubang kecil tersebut dan coba cari tahu sedalam apa air di lubang besar air terjun Waimarang ini. Pokoknya relief dari tebing yang mengelilingi air terjun Waimarang, Sumba ini akan membuat kalian terhipnotis untuk berlama- lama main air di aliran air terjun. Jangan lupa ambil gambar diri kalian di tengah air terjun ini ya.

(Dok. Pribadi)

Bukit Tanarara, Sumba Timur

Siapa yang pernah nonton film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak? Yaps, film tersebut mengambil lokasi syuting di Bukit Tanarara, Sumba Timur. Saat sampai di Bukit Tanarara, Sumba Timur ini, bro sis Langkah kaki akan disambut oleh padang rumput di seluruh bukit yang sambung menyambung. Ga salah kalo film yang bergenre drama ini memilih tempat ini menjadi latarnya, juga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh bro sis Langkah Kaki saat ke Tanah Sumba. Saat menempuh perjalanan ke Bukit Tanarara, bro sis bakal melihat pemandangan yang sangat alamiah yaitu masih banyak hewan ternak yang dilepas untuk mencari makanannya. Seperti kuda, kerbau, sapi dan kambing yang berjalan bebas tanpa sang penggembala untuk memilih sendiri rumput yang diinginkan mereka.

Nah, salah satu aktivitas yang wajib bro sis lakukan di Bukit Tanarara adalah berada di tengah salah satu bukit yang berada di tengah. Buat apa? Iseng aja sih untuk mendengarkan suara teriakan kalian akan bergema hihi. Seriusan min? Serius banget kok, pokoknya teriak sepuas kalian apalagi kalo bro sis Langkah Kaki punya uneg- uneg atau hanya sekedar melepas beban dalam hati. Jangan lupa loh keluarkan kamera kalian untuk bisa mengambil pose terbaik di tengah bukit padang rumput ini. Buat bro sis Langkah Kaki yang mau mendapat pemandangan rumput yang hijau, bisa datang pada musim hujan dan pastinya kalian bisa dating di musim kemarau untuk memiliki pemandangan rumput coklat keemasan. Tenang aja gaes, pemandangan indah Bukit Tanarara ini bakal tetap emejing bingits kok.

(Dok. Pribadi)

Pantai Walakiri, Pulau Sumba Timur

Destinasi wajib yang dikunjungi di Tanah Sumba, Nusa Tenggara Timur satu lagi adalah Pantai Walakiri. Yaps, mungkin bro sis Langkah Kaki sering liat posting temen yang udah pernah ke Tanah Sumba dengan pantai yang terdapat pohon- pohon di sekitarnya, nah Pantai Walakiri inilah tempatnya. Keindahan yang tidak dapat didustai dari Pantai Walakiri ini ketika pasir putihnya masih terlihat luas terdampar, sebelum menghilang ditelan ombak saat air pasang. Bro sis Langkah Kaki bisa main hampir ke tengah lautnya loh dan ditemani oleh para makhluk laut seperti bintang laut, kerang hidup dan rumput laut. Jadi hati- hati saat berjalan di Pantai Walakiri ini ya gaes.

Selain keindahan pemandangan, bro sis bakal menyaksikan lukisan alam di pasir putih pantai Walakiri. Ombak yang terhempas meninggalkan jejak yang seakan melukis pasir putih yang terbentang di Pantai Walakiri. Kalian juga harus bersabar dan berlama- lama untuk menghitung mundur waktu terbenamnya matahari atau sunset ya. Pemandangan orange yang begitu memukau akan bro sis Langkah Kaki saksikan dan membuat kalian berharap untuk matahari tidak begitu saja tenggelam. Oh ya, aktivitas yang wajib kalian lakukan di sini selain berpose paling bagus untuk dipotret, bro sis Langkah Kaki bisa berjalan atau berlari di sepanjang Pantai Walakiri sambil berburu bintang laut atau kerang laut.



(Dok. Pribadi: Farisa Nabila)

Bukit Tenau, Pulau Sumba Timur

Bukit yang bisa menjadi destinasi wajib saat berkunjung di Sumba, Nusa Tenggara Timur dan tepat untuk menantikan matahari terbit adalah Bukit Tenau di Sumba Timur. Selain pemandangannya yang indah, matahari yang terbit sangat terlihat ketika bro sis Langkah Kaki menunggu dengan santai. Langit yang berwarna orange merah muda akan menemani bro sis sebelum matahari memunculkan wajahnya. Bro sis Langkah Kaki bisa loh duduk di tengah rumput hijau atau bahkan tiduran buat kalian yang ga takut kotor. Bahkan kalian bisa melihat para gembala mulai untuk membiarkan hewan ternaknya mencari makanan di Bukit Tenau ini. Jangan sampai ketiduran ya bro sis.

(Dok. Pribadi)

Terdapat beberapa hal yang harus dipastikan ketika berangkat ke Sumba, Nusa Tenggara Timur ya bro sis Langkah Kaki. Dimulai dari pemilihan tujuan terbang menuju Sumba, kebanyakan open trip termasuk Langkah Kaki Adventure akan memulai perjalanan dari Sumba Barat, nama dari bandara tujuan yang kalian bisa pilih adalah Tambolaka, Waikabubak. Sedangkan untuk kepulangan, bro sis bisa memilih dari bandara Umbu Mehang Kunda/ Mau Hau, Waingapu di Sumba Timur. Pemilihan waktu penerbangan menuju Tanah Sumba juga wajib diperhatikan ketika pembelian, pastikan pilih maskapai penerbangan yang waktu tiba di Sumba masih pagi hari. Hal ini untuk memastikan bro sis Langkah Kaki bisa memulai aktivitas open trip sesuai dengan jadwal atau itinerary perjalanan. Dan kami sudah membuat Paket Tour Sumba 4D3N dengan meeting point di Bandara Tambaloka.



Selain itu, hal yang wajib kalian bawa pasti sunblock, kacamata hitam, topi dan pakaian yang akan nyaman untuk berjemur, berenang dan berendam di bukit, air terjun maupun pantai di Tanah Sumba ini. Kamera pasti menjadi hal wajib tapi jangan khawatir karena pasti tour leader kalian akan membantu, yang paling penting membawa flashdisk untuk bisa menyalin data dokumentasi.  Jangan sia- siakan kamera telpon genggam bro sis Langkah Kaki apalagi untuk mengambil gambar dari sudut paling tepat agar pemandangan bisa terekam dengan sempurna. Oh ya, salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu soal budget, maksud mimin lebih aman jika bro sis menggunakan uang tunai. Ada sih anjungan tunai, tapi akan jarang menemui selama di perjalanan.

Makin ga sabar kan melihat tanah surgawi yaitu Tanah Sumba ini? Persiapkan tanggal liburan bro sis Langkah kaki segera ya. Ditunggu open trip bareng Langkah Kakinya loh gaes.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.