fbpx
Beranda » Tempat Wisata » Rekomendasi Spot Wisata Menarik di Pulau Komodo

Langkah Kaki – Bagi orang Indonesia pasti kita tidak asing lagi dengan pesona pulau yang satu ini. Ya, pulau Komodo, merupakan pulau wisata yang lokasinya berada di kepulauan Nusa Tenggara. Wisata Pulau Komodo ini juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo dimana didalamnya juga terdapat Pulau Rinca, Pulau Motang, Pulau Padar dan jenis jenis pulau kecil lainnya. Pulau Komodo ini memiliki letak administratif di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai bagian barat. Letaknya berbatasan langsung dengan Provinsi NTB atau Nusa Tenggara Barat. Pulau ini sangat menyita perhatian para pengunjung dan wisatawan karena pesona dan keunikannya. Pulau tempat habitat Komodo ini menyimpan sejuta keindahan untuk diulik lebih dalam lagi.

Taman Nasional Komodo




Sebuah keunikan yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah habitat asli yang mendalami pulau ini. Habitat asli yang sangat khas adalah komodo. Komodo adalah kadal karnivora yang memakan daging. Hewan ini dinilai sebagai hewan purba yang masih tetap eksis hingga saat ini. Pulau Komodo ini menjadi tempat habitat lebih dari 2000 ekor komodo yang berkeliaran bebas di alam taman nasional.

Segala kehidupan liar tentang komodo bisa anda saksikan mulai dari mengincar mangsa hingga kegiatan alamiah lainnya. Untuk itu bagi anda yang hendak datang ke pulau inu ada baiknya untuk pergi bersama pemandu. Hal ini untuk alasan keamanan dan juga keselamatan para pengunjung.
Karena keunikan habitat Komodo yang hanya bisa ditemukan di tempat ini maka pada tahun 1986 pihak UNESCO menetapkan kepada pulau Komodo ini sebagai kawasan Taman nasional warisan dunia. Bahkan pulau Komodo sendiri pernah meraih penghargaan sebagai Tujuh tempat wisata alam yang terbaik di dunia atau New Seven Wonders of Nature. Sandangan gelar ini berhasil diraih oleh pulau Komodo berdasarkan hasil voting tertinggi. Bahkan pulau Komodo ini mengalahkan tempat wisata lain energi hutan Amazon, Table Mountain, Jeju island, Halong Bay, sungai bawah tanah Puerto Princesa, dan Iguazu.

Sekilas sejarah Pulau Komodo

Mengulik sejarah dari wisata pulau komodo dimana pada tahun 1910 seorang yang bernama Letnan Steyn Van Hens ini membawa pasukannya untuk melihat pembuktian bahwa dirinya melihat hewan berbentuk semacam naga yang mendiami pulau ini. Broek dan juga lasukkannya akhirnya mendatangi tempat ini untuk berburu komodo. Mereka berhasil melumpuhkan satu ekor komodo, kemudian mereka memotretnya untuk dibawa ke Bogor Botanical Garden. Keberadaan komodo pertama kali di publikasikan adalah pada tahun 1912 oleh seorang jurnalis yang bernama Peter A ouwens di koran Hindia Belanda. Selanjutnya karena hewan ini termasuk hewan yang langka pada tahun 1915 pemerintah Belanda melarang untuk pemburuannya.



Aktivitas Di Pulau Komodo

Di Wisata Pulau Komodo Anda tidak hanya bisa melihat habitat Komodo di alam bebas Anda bisa mencoba melakukan aktivitas lainnya seperti :

Trekking di Pulau Komodo

Walaupun di Pulau Komodo identik dengan hewan komodo namun di tempat ini Anda tidak hanya bisa melihat Komodo saja. Di tempat ini Anda juga bisa melihat berbagai spesies hewan yang menjadi penghuni pulau ini seperti rusa kuda ular biawak hingga beberapa spesies burung. Untuk itu untuk melihat keindahan alam dan keberagaman satwa di Pulau ini adalah dengan melakukan trekking.

Jika anda ingin trekking di Pulau Komodo nantinya anda juga akan diajak untuk mendaki gunung ara. Dengan ketinggian 538 diatas permukaan air laut Gunung Ara ini berada. Selain melewati gunung ara nantinya anda juga akan diajak untuk melihat Water Hole dimana Water Hole ini adalah tempat beristirahat sekaligus tempat minum dari para Komodo ini. Dengan trekking melintasi tempat ini nantinya anda akan melihat komodo yang sedang berteduh di sekitar tempat ini.

Apabila anda trekking di tempat ini maka anda bisa memilih jalur trekking yaitu mulai dari short, long, medium dan juga Adventure. Yang mempengaruhi perbedaan dari masing masing jalur trekking adalah panjang jalur lintasannya. Untuk lintasan trekking yang long dan juga Adventure maka anda akan dibawa untuk melintasi hutan sungai hingga perbukitan yang indah. Namun jika anda amemilih lintasan yang short maka anda hanya melakukan perjalanan yang berakhir di atas perbukitan. Namun tetap saja diatas perbukitan ini anda tetap bisa melihat keindahan Pulau Komodo lewat terluka yang mengagumkan. Dari keempat jalur ini semuanya tetap melewati Water Hole.

Menyelam dan Snorkeling

Di wisata pulau komodo anda fisik hanya disuguhkan dengan keindahan dan pesona dari daratannya saja. Bahkan di Pulau ini and juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya. Di perairan Pulau Komodo Anda bisa menemukan keindahan terumbu karang yang sangat beragam dimana di pulaubkomodo ini anda akan melihat sekitar 386 jenis terumbu karang. Anda jugabbisa lebih 70 jenis niaga karang dan juga rumput laut. Selain itu di tempat ini Anda akan melihat berbagai biota laut seperti jenis jenis ikan, paus, hiu, lumba-lumba, penyu dan lainnya.



Karena alam bawah lautnya yang mengagumkan maka dari itu kawasan Taman nasional komodo ini sering disebut sebut sebagai salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Hal ini bukan tidak berdasar, pada saat menyelam atau bersenorkeling anda akan disuguhkan dengan kekayaan biota laut yang sangat beragam.

Pantai Pink

Sebuah keunikan yang patut anda sambangi ketika berlibur di Labuan Bajo adalah pesona pantai Pink. Sesuai namanya, di tempat ini Anda akan melihat sebuah pantai yang memiliki nuansa Pink. Liburan di sini sangat asyik menarik yang membuat anda pasti betah berlama lama. Di tempat ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, menyelam, snorkeling, atau hanya sekedar duduk manis menikmati keindahan dari pantai Pink ini.

Titik selam Batu Samsia

Di kawasan perairan Pulau Komodo Anda bisa menikmati daerah bawah laut di titik selam batu Samsia. Di tempat ini Anda bisa menyusuri kawasan saluran air, Selain itu anda juga bisa melihat kumpulan kura-kura, hiu hingga beberapa ikan kecil yang lain.

Toko Toko

Selain itu di kawasan perairan taman nasional komodo anda juga bisa melihat istana batu atau toko toko. Tempat ini memiliki kedalaman sekitar 7 meter. Dimana di tempat ini Anda akan melihat pemandangan terumbu karang hingga berbagai jenis ikan yang warna warni.

Crystal Rock

Titik selam selanjutnya yang menjadi favorit banyak orang di wisata pulau komodo adalah Crystal Rock. Tempat ini memiliki kedalaman 5 meter. Di tempat ini nantinya anda abis Amerika berbagai jenis ikan yanh unik seperti katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish hingga berbagai ikan lainnya.



Apabila anda angin melakukan penyelamat maka sebaiknya anda datang pada bulan Maret hingga bulan desember. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut arah angin, kuat arus, hingga suhu air sangat baik.

Baca juga :
1. Tempat Wisata Terbaik di Labuan Bajo Yang Harus Kamu Kunjungi
2. 6 Destinasi Wisata di Labuan Bajo Yang Menarik dan Indah
3. Rekomendasi Paket Wisata Labuan Bajo
4. Bosan dengan Bali, Cobain Wisata Ke Nusa Penida Aja!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.