fbpx
Beranda » Info Wisata » Pulau Unik Di Kepulauan Seribu



Langkah Kaki Adventure – Indonesia terkenal dengan sebutan negara kepulauan karena terdiri dari belasan ribu pulau, sampai- sampai terdapat informasi yang berbeda mengenai jumlah pulau. Pulau yang berada di sekitar Indonesia pun masih beberapa gak punya nama dan gak berpenghuni. Pulau Unik Di Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata bagi kalian yang ingin menikmati wisata indah tanpa perlu menempuh perjalanan jauh dari ibukota Jakarta, seperti ke Lombok atau Bali. Kepulauan Seribu masih dalam lingkup Provinsi DKI Jakarta tetapi dalam kabupaten sendiri, yaitu Kabupaten Kepulauan Seribu. Dengan banyaknya pulau di Kepulauan Seribu, coba ketahui Pulau Unik Di Kepulauan Seribu sebelum kamu bisa memilih untuk mengunjungi dan menikmati keindahannya. Berikut adalah beberapa pulau unik di Kepulauan Seribu.

Pulau dengan Pemandangan Bawah Laut yang Indah

paket wisata kepulauan seribu

wisatamu.com

Walaupun semua pulau di Kepulauan Seribu memiliki pemandangan bawah laut yang indah, terdapat pulau- pulau yang bisa diutamakan keindahan bawah lautnya. Pulau Pari bisa menjadi tujuan kamu bagi pecinta keindahan bawah laut yang masih alami. Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut yang mudah dicapai setelah sampai di Pulau Pari ini. Kamu akan bisa berenang bersama dengan ikan- ikan kecil dan indah. Begitu pula dengan Pulau Harapan, pulau yang sudah lumayan terkenal dari Kepulauan Seribu ini kamu bisa pilih untuk menikmati pemandangan bawah laut. Walaupun perlu sedikit usaha menempuh jarak dari Pulau Harapan, kamu gak kecewa dengan pemandangan bawah laut yang indah. Seain pemandangan bawah laut yang memukau, Pulau Harapan menjadi salah satu pulau persinggahan burung Elang Bondol. Siapa tau saat kamu berkunjung di pulau ini, kamu bisa melihat Elang Bondol yang jarang bisa ditemui di tempat lain. Dan ini salah satu Pulau Unik Di Kepulauan Seribu.

Pulau Putri juga salah satu pulau yang sudah dikenal sebagai bagian tujuan wisata dari Kepulauan Seribu. Pulau yang di depannya dipasang patung putri duyung sebagai lambangnya, memiliki pemandangan bawah laut yang indah gakjauh dari pulau Putri. Laut dangkal di sekeliling Pulau Putri ini sudah bisa memperlihatkan betapa indahnya bawah laut dengan ikan- ikan yang unik. Lebih uniknya lagi, Pulau Putri memiliki akuarium bawah laut yang membuat kamu gak suka berenang atau kurang jago berenang, menikmati keindahan di bawah laut. Akuarium yang gakterlalu besar ini, berbentuk seperti jembatan lingkaran dan berada di tengah laut dekat Pulau Putri. Jadi jangan berkecil hati jika kamu kurang jago berenang ya, hihi.

Pulau Pantara bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi para penggemar scuba diving karena akan ada pemandu profesional untuk menemani atau membantu kamu untuk belajar melakukan scuba diving. Pulau Pantara ini juga masih belum sering didengar dibandingkan Pulau Pari, Pramuka ataupun pulau lainnya yang sudah terkenal dari Kepulauan Seribu ini. Selain kamu bisa melakukan scuba diving, fasilitas penginapan di Pulau Pantara ini berupa resort hotel. Jadi gak ada salahnya kalau kamu berlibur dan menikmati keindahan bawah laut di Pulau Pantara ini. Selain Pulau Pantara, Pulau Sepa masuk dalam kategori pulau yang tepat untuk diving karena sudah termasuk dalam spot diving di Jakarta. Ga ada salahnya untuk melakukan hobi kamu untuk melihat betapa indahnya Kepulauan Seribu, kan?

Pulau ini termasuk Pulau Unik Di Kepulauan Seribu. Pulau Kotok yang memiliki pemandangan alam bawah laut indah ini belum terlalu terkenal dari Kepulauan Seribu. Pulau Kotok memiliki taman bawah laut yang masih asri dan layak untuk dinikmati bagi para pecinta dunia laut. Berbeda dengan Pulau Kotok, Pulau Papatheo memiliki pemandangan bawah laut yang bisa membuat kamu kagum. Pulau Papatheo menawarkan pemandangan bawah laut dengan bangkai kapal laut di dalamnya. Sangat unik dan keren bukan? Kapan lagi kamu bisa menyelam dan menikmati keindahan bawah laut yang masih ada bangkai kapal di dalamnya? Adapula Pulau Bira yang cukup jauh dari pelabuhan Jakarta, tetapi keindahan bawah lautnya akan membayar perjalanan jauh yang kamu tempuh. Tanpa perlu bersusah payah, kamu tinggal nyebur atau terjun dari pantai Pulau Bira ini dan menemukan keindahan bawah laut. Jernihnya air laut dan asrinya terumbu karang di sekitar pulau ini, membuat kamu bisa menikmati betapa kayanya Indonesia ini.

Pulau dengan Penginapan yang Mewah

Pasti kamu sudah sering mendengar pulau Maladewa atau dikenal sebagai Maldives, ya kan? Pulau yang berada di dekat Sri Lanka ini sangat populer dengan kebiruan laut yang mengelilinginya dan juga penginapan mewah. Tidak kalah dengan negara lain, Indonesia memiliki Pulau Ayer yang menjadi salah satu pulau di Provinsi Kepulauan Seribu. Pulau Ayer menawarkan penginapan di atas laut dengan kebiruan air di sekitarnya. Penginapan berbentuk cottage ini memiliki konsep seperti layaknya rumah di Papua, menambah keinginan kamu untuk menginap di Pulau Ayer ini, bukan? Jika menemui biawak yang berkeliaran di sini, kamu gak perlu takut asal kamu tetap bewaspada. Kamu bisa memilih Pulau Ayer untuk bisa menginap dan merasakan sensasi seperti di luar negeri.

Selain Pulau Anyer, Pulau Macan juga sudah membangun berbagai penginapan yang tidak kalah mewahnya. Berbagai konsep diangkat untuk setiap cottage yang dibangun di Pulau Macan ini membuat kamu bisa memilih tempat penginapan mevvah yang kamu inginkan. Selain penginapan mevvah, aktivitas olahraga air yang mewah pun juga ditawatkan di Pulau Macan ini, seperti canoe, snorkeling, diving dan lainnya. Jadi kamu bisa menikmati liburan dengan maksimal dan nyaman selama jauh dari rumah.

Pulau yang Bersejarah

Pulau Bidadari gak hanya memiliki keindahan alam yang patut dikagumi, juga pulau bersejarah dari Kepulauan Seribu. Pulau Bidadari dipenuhi dengan ornamen peninggalan benda dari abad ke 17-an saat penjajah masih menggunakan pulau ini sebagai tujuan liburan bagi para penjajah. Keindahan pasir putih dan bersihnya air laut, membuat para penjajah terkesima dan betah untuk berlama- lama liburan di Pulau Bidadari ini. Kini, Pulau Bidadari juga membangun tempat penginapan di atas air laut sehingga membuat kamu akan suka mencoba pengalaman baru untuk bermalam di atas air laut.

Pulau Onrust menyimpan sejarah yang begitu banyak dari para penjajah yang pernah datang di Indonesia. Pulau ini menjadi pertahanan untuk melindungi Jakarta, yang dahulu dikenal sebagai Batavia di tiga abad dari sekarang. Selain itu, Pulau Onrust menjadi tempat perpindahan atau penampungan bagi para jemaah haji yang dahulu melakukan perjalanan ke negeri Arab melalui jalur laut. Tak heran jika Pulau Onrust ini menjadi tempat yang didirikan Taman Arkeologi oleh Pemerintah DKI Jakarta. Selain itu, dekat dengan Pulau Onrust terdapat Pulau Cipir yang juga memiliki bangunan sejarah yang bisa membawa kita kembali ke suasana zaman dahulu. Pulau Cipir menjadi tempat karantina sebelum para Jemaah haji berangkat dan dipindahkan ke Pulau Onrust setelah lolos dari pemeriksaan kesehatan. Adanya banyak penyakit menular di zaman dahulu, membuat pemeriksaan kesehatan dilakukan. Pulau Onrust dan Pulau Cipir sangatlah memiliki nilai sejarah yang perlu dijaga dan dilestarikan.



Pulau Kelor berbeda dengan pulau lainnya yang memiliki bangunan dan benda bersejarah lainnya lebih ramai. Hanya terdapat satu bangunan kecil kuno, yaitu benteng berwarna merah bata yang terdapat di Pulau Kelor ini dan mirip dengan bangunan khas Belanda. Memang Pulau Kelor tidak memiliki berbagai bangunan karena pulau ini dapat dibilang lebih kecil daripada pulau bersejarah seperti Pulau Bidadari, Pulau Cipir atau Pulau Onrust. Hanya beberapa pondok kecil untuk beristirahat menikmati pemandangan laut yang indah dalam suasana kuno seperti di luar negeri. 3 pulau ini juga termasuk Pulau Unik Di Kepulauan Seribu.

Pulau yang Cocok untuk Camping

paket wisata kepulauan seribu

wisatamu.com

Kamu tipe petualang? Nah, kamu bisa juga loh camping di Kepulauan Seribu dan ga semua pulau memiliki tempat penginapan. Pulau Semak Daun merupakan salah satu pulau yang terbilang kecil dibandingkan pulau lain di Kepulauan Seribu. Jika kalian ingin merasakan sensasi berkemah, tidak ada salahnya mencoba bermalam di Pulau Semak Daun. Kamu ga perlu repot jika ingin snorkeling, tinggal berenang dan melihat pemandangan bawah laut yang juga ga kalah dari pulau lainnya.

Pulau Air pulau yang unik ini juga bisa menjadi tujuan kamu berlibur untuk berkemah maksimal dua malam karena jika lebih, kamu akan kebingungan untuk mencari makan jika persediaan makanan kalian habis. Pulau Air tidak memiliki fasilitas MCK dan warung untuk para pengunjungnya. Tertantang untuk berkemah di Pulau Semak Daun dan Pulau Air?

Pulau yang Cocok untuk Bersantai

Pulau Tidung masuk dalam kategori ini, bersantai tepat saat kamu memilih pulau ini. Pulau Tidung terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jika kamu tidak ingin terlalu lama di bawah laut, kamu bisa berjalan di jembatan yang menghubungkan kedua pulau ini. Sambil menikmati matahari terbenam. Kini di Pulau Tidung Kecil juga memiliki penangkaran penyu yang bisa kamu kunjungi, tetapi ga sebesar yang ada di Pulau Pramuka. Pulau Tidung terkenal dengan jembatan cintanya, sudah pernah loncat dari sana? Ketinggian jembatan cinta setinggi 6 meter, jadi bagi kalian yang ingin melepaskan kepenatan dengan kegiatan sedikit ekstrem bisa mencoba terjun dari jembatan ini. Selain itu, Pulau Tidung juga menyediakan layanan banana boat dan flying donut yang bisa kamu coba untuk mengisi liburan santai kamu bersama teman atau keluarga.

Yaps, Pulau unik di Pulau Pramuka termasuk pulau yang terkenal di Kepulauan Seribu dan sudah banyak yang menjadikannya destinasi liburan. Sudahkah kamu mengunjungi penangkaran penyu sisik yang jarang ditemui di tempat lain? Penyu sisik bisa memiliki panjang hingga satu meter loh! Jadi kalian bisa mengunjungi penangkarannya dan menambah pengetahuan untuk melestarikan ekosistem dari penyu sisik ini. Kemudian terdapat penangkaran hiu di Pulau Pramuka, walaupun agak sedikit jauh tidak ada salahnya bisa memiliki pengalaman bersantai dengan hiu. Kapan lagi, ya kan?

Selain Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan adapula Pulau Pelangi, Pulau Sepa dan Pulau Lancang. Ketiganya bisa kalian pilih untuk pemandangan pantai dan juga bawah laut serta bersantai saat berlibur.

Perjalanan ke berbagai pulau di Kepulauan Seribu di atas, dapat ditempuh melalui dua pelabuhan, yaitu Muara Angke dan Marina, Ancol. Perbedaannya yang sangat terlihat yaitu harga tiket kapal dan jenis kapal yang akan digunakan. Kalau kamu seorang yang suka berpetualang, kamu bisa mencoba menggunakan kapal dari Pelabuhan Muara Angke. Sebelum sampai di sana, tentunya kamu harus mencapainya dengan angkutan umum atau mobil pribadi. Jika kamu memiliki budget lebih dan ingin lebih nyaman, kamu bisa ke pelabuhan Marina, Ancol. Kamu bisa memasuki pelabuhan ini dengan bus Trans Jakarta kalau kamu gak membawa banyak barang dan tinggal berjalan sekitar satu hingga dua kilometer, kamu akan tiba di dermaga pelabuhan Marina, Ancol tersebut.

Sudah bisa memilih pulau mana yang kalian ingin kunjungi? Banyak juga ya pilihannya, semoga kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan ya. LANGKAH KAKI – TOUR ORGANIZER bisa menyediakan paket open trip dan private trip untuk memberikan kesempatan berlibur tanpa ribet.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.