fbpx
Beranda » Family » Persiapan Wisata Ke Luar Negeri



Langkah Kaki Adventure – Kamu mau berangkat wisata ke luar negeri? Baik ke negara yang dekat ataupun jauh, mengurus kelengkapan dokumen seperti paspor, tiket, visa dan lain- lain, sangat penting loh. Keberagaman negara destinasi liburan, juga memerlukann persiapan yang berbeda pula sebelum kamu bisa tiba dan menikmati liburanmu. Waktu persiapan yang dibutuhkan untuk Persiapan Wisata Ke Luar Negeri juga berbeda- beda, yuk ketahui apa saja yang diperlukan disaat kamu Wisata ke Luar Negeri.

Ketahui Negara Destinasi Liburan

Setiap negara memiliki cuaca, acara kebudayaan dan hal lainnya yang berbeda dari negara asal kita. Pengetahuan akan negara destinasi liburanmu sangatlah penting, hal ini bisa membuat kamu memilih tanggal keberangkatan yang tepat. Dan coba tentukan bagaimana kamu akan menginap selama di negara tujuanmu. Misalnya kamu hanya liburan, kamu sudah harus menentukan jenis penginapan dan lokasinya sebelum wisata ke luar negeri. Hal ini berguna untuk bisa mencantumkan alamat saat kalian membuat visa. Jika kamu mengambil sebuah projek relawan atau kepentingan lainnya, kamu bisa meminta penyelenggara projek atau acara tersebut untuk membuat surat undangan atau invitation letter dan surat akomodasi atau accomodation letter. Hal ini untuk mempermudah kamu juga saat wawancara dan proses lainnya selama membuat dokumen, seperti halnya membuat visa. Serta kamu bisa mencari informasi mengenai bahasa dan perbedaan lain dari negara destinasi liburanmu, sehingga kamu tidak akan kaget. Hindari negara yang lagi kurang aman ya, agar kamu bisa kembali ke negara asal tercinta.

Cek dan Urus Paspor

Kamu sudah cek batas waktu paspor mu, belum? Cek paspor kamu sebelum wisata ke luar negeri Paspor kamu harus aktif selambatnya 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan kamu. Jika kurang dari itu, segera urus setelah kamu mengetahui tanggal keberangkatanmu. Mengurus paspor juga tidak terlalu susah seperti dahulu, terutama dilengkapi dengan pendaftaran online yang telah beroperasi di beberapa kantor imigrasi. Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurus paspor yaitu memperoleh informasi lengkap di website resmi Kantor Imigrasi (http://www.imigrasi.go.id). Untuk pendaftaran online, kamu bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di platform hape kamu.

Setelahnya kamu bisa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, kartu keluarga, akta kelahiran/ akta nikah/ ijazah dan paspor lama. Dokumen- dokumen tersebut dibawa aslinya dan difotokopi, hasil fotokopi harus berukuran A4 ya, jangan dipotong sesuai ukuran aslinya. Kemudian, kamu bisa datang ke kantor imigrasi sesuai alamat dari kartu identitasmu, usahakan berpakaian rapih dan gunakan alas kaki tertutup. Persiapkanlah diri kamu dengan baik dan jawablah pertanyaan yang diajukan sesuai dengan apa tujuan kamu berlibur. Bacalah informasi selengkapnya jika kamu perlu mengurus orang tuamu, anak yang di bawah umur dan kerabat lain yang disabilitas. Paspor pun kini sudah ada versi e-Paspor yang memiliki kelebihan di beberapa negara dibandingkan paspor biasa. Kamu bisa coba loh walaupun membutuhkan biaya yang sedikit berbeda dari yang biasa.

Pesan Tiket Pesawat yang Tepat

Perbedaan jam mungkin terjadi saat kita wisata ke luar negeri, terutama ke negara yang berada di bagian barat dunia. Jadi kamu harus mencari jam yang sesuai sehingga kamu sampai di sana tepat waktu dan bisa memulai perjalanan, begitu juga dengan tiket pulangmu. Harga tiket pesawat pun bisa meningkat ketika waktu keberangkatannya semakin dekat, apalagi ke negara bagian barat. Jangan sampai kamu menghabiskan uang di bagian transportasi pulang pergimu. Kamu bisa memantau harga transportasi di website yang ada, terutama pesawat terbang. Atau jika kamu memiliki kenalan sebagai agensi penerbangan, tidak ada salahnya untuk menanyakan promo yang tersedia. Siapa tahu kamu beruntung mendapatkan harga yang berbeda dari harga tiket pesawat yang ada di website dan agensi lainnya. Untuk perjalanan yang membutuhkan transit, pastikan bahwa lamanya waktu transit minimal dua jam. Kamu tidak mau ketinggalan pesawat dong. Hal penting lainnya untuk mengurus transportasi pulang pergi yaitu berat bagasi yang kamu miliki, sehingga kamu bisa memperkirakan berat barang yang kamu bawa.

Urus Visa dan Asuransi Perjalanan

Ketika kamu melakukan wisata luar negari, visa adalah hal yang harus diurus. Walaupun beberapa negara bisa dikunjungi tanpa visa, tetapi kamu pun harus mengetahui jangka berlakunya visa di negara tujuan wisatamu. Jika kamu sudah membuat e-Paspor, kamu mendapatkan beberapa akses masuk tanpa visa di beberapa negara dan dalam jangka waktu tertentu. Beberapa negara tersebut yaitu Maldives, Nepal, Kenya, Yordania, Turki, Hongkong dan beberapa negara lain. Kamu bisa mengecek masing- masing persyaratan dan jangka waktu di website ataupun menghubungi langsung kantor perwakilan negara yang kamu tuju.

Saat kamu hendak berangkat wisata ke luar negeri pengurusan visa, dokumen yang dituliskan dalam website kantor pewakilan tersebut harus kamu bawa. Yang perlu kamu ingat, dokumen yang perlu waktu sebelum mengurus visa yaitu rekening korang dari akun bank yang akan kamu gunakan saat kamu liburan, tiket pesawat, asuransi perjalanan, kartu identitas dan paspor. Kamu juga perlu mengumpulkan reservasi tempat penginapan atau surat akomodasi dan undangan negara tujuanmu. Asuransi perjalanan bisa disesuaikan dengan budget kamu dan seberapa besar uang yang akan kamu terima. Tidak lupa pas foto yang bisa berbeda ukuran dari ukuran umum pas foto yang ada. Misalnya negara Republik Ceko membutuhkan ukuran 3,5×4 cm dengan latar belakang putih. Jika kamu ragu, mungkin kamu bisa bertanya kepada petugas ataupun orang kenalan yang sudah pernah mengunjungi negara tersebut. Pembuatan visa membutuhkan biaya selama proses, tetapi tidak semua negara memberlakukan biaya tertentu. Saat mengajukan visa pun, kamu harus mengisi formulir sebelum memasukkan ke kantor perwakilan negara. Isiilah dengan seksama dan sesuai dengan  persiapan keberangkatan kamu. Lakukanlah pembuatan visa selambatnya dua bulan sebelum keberangkatan.

Tukar Mata Uang di Waktu yang Tepat

Dalam rentang waktu tertentu, kurs mata uang setiap negara bisa berbeda. Kamu bisa mencoba memantau agar kamu bisa menukar uang di saat waktu harga kurs negara tujuan kamu sedang rendah. Jika kurs mata uang negara destinasi wisata kamu tidak tersedia, carilah informasi kurs mata uang yang bisa diterima di sana selain mata uang aslinya. Tukarkan juga dalam nominal yang kecil karena mungkin kamu membutuhkannya saat kamu sampai di sana pertama kali. Dalam urusan tukar mata uang, kamu juga harus cermat dalam memilih tempat penukaran saat berada di destinasi wisata ke luar negeri. Seberapa besarkah biaya servis untuk di tempat itu, jangan sampai kamu membayar biaya tambahan lebih besar dibanding jumlah nominal uang yang kamu tukar. Cek juga keaslian dari uang yang kamu terima, karena bisa saja kamu mendapat uang yang sangat mirip dengan aslinya. Jika kamu memiliki teman atau kenalan, kamu bisa menanyakan di mana tempat yang memiliki rating kurs uang bagus.

Perlengkapan dan Kebutuhan yang Dibawa

Perlengkapan dan kebutuhan kamu harus disesuaikan dengan ukuran besarnya muatan transportasi yang kamu pilih. Tidaklah perlu membawa yang berlebihan, hitunglah pakaian dan perlengkapan lainnya yang pasti akan kamu pakai. Perlu diingat pula bahwa musim menentukan kebutuhan yang akan dibawa, seperti jaket lebih tebal saat musim dingin dan pakaian yang ringan saat musim panas. Imgatlah pula bahwa muatan kalian nanti juga digunakan untuk persiapan membawa buah tangan yang akan dibawa pulang ke rumah. Sediakanlah obat pribadi yang biasa kamu konsumsi dan perlu, agar tetap segar dan sehat untuk menikmati pemandangan destinasi wisata ke luar negeri. Pembagian tempat untuk menyimpan uang pun dibutuhkan, seperti uang tunai bisa dipisah tempatnya untuk berjaga- jaga jika barang yang dibawa ketinggalan atau hilang. Jagalah segala sesuatu yang kamu bawa, terutama dokumen- dokumen yang utama seperti paspor, visa dan kartu identitas lainnya. Bijaksanalah menggunakan uang dan membawa keperluan yang dibutuhkan.



Jangan lupa untuk mengumpulkan informasi sebanyak- banyaknya agar kamu tahu bagaimana kamu bisa sampai di negara destinasi liburanmu dan pulang dengan selamat. Jika perlu, pilihlah agen travel yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan. Seperti LANGKAH KAKITOUR ORGANIZER yang bisa membantu kamu untuk menikmati keindahan wisata yang belum kamu kunjungi. Selamat berlibur ya!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.