fbpx
Beranda » Tips Liburan » Perbedaan Melancong Sendiri dan Pakai Jasa Agen Tour & Travel

Langkah Kaki Adventure – Banyak pertanyaan dan dugaan dari para travelmates mengenai perbedaan menggunakan jasa agen tour & travel Langkah Kaki dengan melancong sendiri saat ingin berpergian. Nah, admin akan jelaskan beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan para travelmates, untuk bisa memilih perjalanan sendiri atau menggunakan jasa agen tour & travel.

Perbedaan 1 : Persiapan Perjalanan

Sebuah perjalanan membutuhkan persiapan yang matang, baik untuk fasilitas, itinerary dan budget perjalanan atau harga paket. Buat travelmates yang memilih jasa agen tour & travel, tidak perlu pusing dan khawatir karena ketiga hal ini akan dijelaskan ketika kalian menghubungi admin atau contact person serta bisa didiskusikan atau disesuaikan. Terutama, buat travelmates yang berpergian bersama kelompok kecil hingga kelompok besar karena pastinya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Para agen tour & tavel juga sudah punya program Open Trip yang akan lebih hemat, tinggal travelmates menyesuaikan tanggal keberangkatan dan kepulangannya.

Jika travelmates mau merencanakan perjalanan sendiri, kalian harus teliti untuk memperkirakan semua kebutuhan seperti jenis transportasi, penginapan dan membuat rute perjalanan. Tantangannya adalah travelmates harus bisa jeli melihat promo secara berkala, sebab promo tiket transportasi atau hotel menjadi pembeda yang sangat bermanfaat untuk melancong. Agen tour  & travel juga sering mengadakan promo paket perjalanan, catatan untuk travelmates adalah carilah agen yang memang kredibel dan terpercaya sebelum mengambil paket promo liburannya. Cara simple-nya adalah travelmates bisa cari berbagai informasi mengenai agen tour dan travel tersebut di medsos atau berbagai ulasan di website. Pastikan bahwa informasi yang diberikan benar adanya atau travelmates bisa minta ketemu langsung dengan CP atau datang ke kantor/ basecampnya.

Perbedaan 2 : Akses Perjalanan

Hal yang menjadi penting tapi kadang tidak disadari para travelmates adalah akses dari sebuah perjalanan, di beberapa tempat hal ini lumayan berpengaruh loh. Contohnya di daerah timur pulau Jawa, yang terkenal dengan pemandangan gunung dan penyewaan kendaraannya, memberikan akses lebih luwes kepada para agen tour & travel. Mungkin buat travelmates yang mau melancong sendiri ke beberapa tempat, tiket masuk ataupun akses akan menjadi lebih mahal atau pun kurang efektif. Terkadang ada juga beberapa destinasi wisata yang memberikan potongan atau harga khusus bagi para agen tour & travel jadi membuat perjalanan kalian menjadi lebih gampang dan efektif. Travelmates tinggal menikmati bagaimana perjalanan dari awal hingga akhir, terutama saat kalian berpergian dengan jumlah anggota di atas 10 orang.

Nah, travelmates berhak dan bisa mengecek berbagai agen tour & travel untuk membandingkan harga beserta kualitas pelayanan dan fasilitasnya. Travelmates bisa berdiskusi dengan para admin dari agen tsb sehingga mencapai harga dan fasilitas yang diharapkan. Namun, jangan menawar terlalu banyak atau meminta potongan harga terlalu tinggi yaa hehehe. Sebab para agen juga bekerja sama terutama dengan para guide lokal, yang pastinya ada pembagian ke berbagai hal dalam menunjang perjalanan wisata. Jika travelmates mau mengatur semua sendiri, hal itu juga  tidak menjadi masalah kok. Admin hanya mau mengingatkan bahwa travelmates harus bisa memperkirakan kemungkinan yang tidak terduga dan mempersiapkan dengan detail untuk segala hal. Sebuah perjalanan pun pasti ada ups and downs-nya juga dan itulah yang harus sudah kita pikirkan dan hindari hal buruk yang bisa terjadi.

Perbedaan 3 : Teman saat  Berpergian

Selain soal persoalan yang sudah admin sebutkan tadi, perbedaan lain yang gak kalah penting adalah teman perjalanan saat travelmates melancong sendiri atau pun menggunakan jasa agen tour & travel. Ketika travelmates melancong sendiri tanpa jasa agen, teman perjalanan adalah teman yang diajak dan orang-orang yang kalian temui selama berada di lokasi liburan. Misalnya para penduduk asli yang kalian bisa tanyakan soal lokasi atau sejarah mengenai tempat tinggal di daerah wisata yang dituju, supir kendaraan umum seperti abang becak, supir ojek dan angkutan umum lain juga bisa menjadi teman perjalanan kalian. Teman perjalanan menjadi begitu beragam dan di luar dugaan bagi travelmates yang mau melancong sendiri, yang penting kalian harus tetap ramah dan berhati-hati yaa.

Ketika travelmates menggunakan jasa agen, kalian akan dihubungi langsung oleh tim lapangan sebelum tanggal keberangkatan sehingga kalian bisa janjian untuk bertemu dan tidak perlu khawatir. Open trip dari agen tour & travel membuat para solo travelmates gak perlu pusing kalo gak punya teman ketika ingin berpergian dengan budget yang terbatas dan seorang diri, sebab kalian akan ketemu teman perjalanan dari rombongan lainnya. Apalagi saat terjadi suatu masalah di rangkaian perjalanan, travelmates bisa mengabari admin dari agen dan memberi feedback dari pelayanan tim di lapangan. Ulasan atau feedback juga bisa ditaruh di medsos atau media official lainnya, sebab agen yang bagus akan terbuka dengan berbagai pandangan terhadap pelayanan mereka.

Untuk yang pertama kali melakukan perjalanan dengan melancong sendiri maupun mengikuti program open trip sendiri pertama kalinya, bukalah pembicaraan seputar pernahkah lawan bicara kalian ke destinasi wisata itu, asal kotanya dan hal umum lainnya. Nah, selain itu buat travelmates yang baru pertama kali menggunakan agen tour & travel buat mengatur perjalanan kalian, cek seteliti mungkin mengenai kredibilitas dan portfolio pelayanan agen tersebut. So, travelmates tetap harus mempersiapkan segala hal untuk setiap perjalananya. Selamat memilih yaa travelmates dan sampai bertemu di trip pilihan kalian bersama tim Langkah Kaki Adventure.

 

 

Tags:

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.