fbpx
Beranda » Info Wisata » Liburan Itu Baik Untuk Kesahatan Loh!

Merencanakan liburan itu penting loh! Rutinitas yang selalu kita kerjakan sehari-hari membuat kita terkadang stress dan jenuh. Liburan adalah pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran ketika stres dan rasa jenuh saat melanda. Liburan tidak hanya menghilangkan stress, tapi banyak juga membawa manfaat bagi kesehatan mental kamu. Liburan aman dan nyaman membuat anda puas dengan liburan anda.

Manfaat liburan untuk kesehatan mental dari SehatQ.com

Liburan menjadi hal yang penting untuk kesehatan kita, karena padatnya rutinitas kita sehari-hari  membuat kadang kita terlalu kurang bersemangat. Demi untuk menyegarkan kembali mood maka kita membutuhkan refreshing atau liburan. Ternyata banyak yang di dapat dari manfaat liburan yang harus kamu ketahui. Berikut beberapa manfaat liburan untuk kesehatan!

1.       Liburan Dapat Menimbulkan Kebahagiaan

Liburan dapat menimbulkan banyak kebahagiaan baik fisik atau pun psikologis. Dengan liburan, kamu akan banyak mendapatkan kesimbangan pribadi antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Kamu pun tidak di hadapkan pada tekanan rutinitas pada saat menikmati waktu liburan.



Semua hal tersebut menimbulkan rasa bahagia pada diri kita. Bahkan, setelah liburan pun bisa membuat emosi positif bisa bertahan hingga berminggu-minggu kemudian. Dan hasilnya, kesehatan mental Anda jauh lebih baik.

2.       Liburan Dapat Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatnya sistem imun pada tubuh juga adalah salah satu manfaat liburan bagi kesehatan. Adanya antibodi adalah untuk melindungi tubuh dari patogen. Pada saat melakukan liburan, secara otomatis tubuh akan beradaptasi dengan lingkungan baru disekitarnya dan kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam bakteri baru yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh.

Tubuh yang terus beradaptasi ternyata tidak membuat antibodi semakin lemah, justru sebaliknya antibodi dapat semakin kuat dalam melawan berbagai patogen. Hal ini lah yang membuat orang yang sering melakukan perjalanan atau liburan tidak mudah terserang oleh penyakit.

3.       Liburan Membuat Pikiran Jadi Tenang

Apabila kamu jarang pergi untuk berlibur, maka otakmu akan terbiasa dengan hal-hal tersebut. Namun sayangnya ini bukan pertanda yang baik loh. Beberapa ahli saraf mempercayai bahwa koneksi saraf yang menghasilkan perasaan tenang akan semakin melemah ketika jarang digunakan.

Nah, dengan seiring berjalannya waktu, hal tersebut akan berdampak pada kinerja otak yang semakin sulit untuk masuk ke mode istirahat, bahkan ketika tidak sedang bekerja sekalipun. Maka dari itu manfaat liburan bisa membantu koneksi saraf tersebut terus bekerja.

4.       Liburan Bisa Mengurangi Emosi

Bagi kalian yang sulit untuk mengatur emosi, jalan-jalan atau liburan bisa menjadi solusinya. Menurut studi dari Klinik Marshfield di Winconsin menyatakan bahwa, wanita yang berlibur hanya sekali dalam dua tahun akan beresiko mengalami depresi dan stress. Studi lainnya dari American Psychlogical Association pada 2013 menyatakan bahwa liburan akan mengurangi rasa stres, dan menjauhkan kita dari lingkungan yangbanyak memberikan tekanan.

5.       Liburan Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Ternyata liburan dapat menurunkan risiko Penyakit Kardiovaskular yang merupakan salah satu dari manfaat liburan. Dilansir dari Forbes, Dr. Mehmet Oz menyatakan bahwa liburan dapat menurunkan sebanyak 32% angka kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular pada pria. Kurangnya liburan juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita.

Hal ini juga dibuktikan dengan bukti lainnya. Seperti yang dilansir The Chopra Center, terdapat informasi yang ditampung oleh Framingham Heart Study, dari salah satu penelitian menunjukan bahwa wanita yang liburan setiap enam tahun atau lebih jarang memiliki risiko penyakit kardiovaskular delapan kali lebih tinggi dibandingkan pria.

Manfaat liburan untuk mencegah Penyakit Kardiovaskular ini di yakini, karena pada dasarnya liburan dapat meningkatkan aktivitas fisik seseorang. Jika kita melakukan aktivitas fisik lebih banyak, tentunya masih pada batas normal, maka kesehatan jantung juga akan semakin meningkat.

6.       Liburan Membuat Umur Panjang

Bagaimana bisa liburan membuat umur seseorang lebih panjang? Pada kenyataannya manfaat liburan bagi kesehatan salah satunya bisa membuat umur panjang. Karena pada saat liburan kamu akan banyak mendapatkan emosi positif dan rasa bahagia yang tinggi dan itu salah satu penyebab orang yang sering liburan dapat memberikan umur panjang.



Masih banyak manfaat lainnya yang kita dapat dari berlibur, itu adalah sebagian kecil dari manfaat liburan bagi kesehatan dari SehatQ.com. Rencanakan Acara Kesehatan untuk berlibur anda sekarang, apabila kamu bingung untuk masalah biaya, anda bisa ikut di paket wisata atau open trip dari Langkah Kaki Adventure

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.