fbpx
Beranda » Family » Keliling Taman Nasional Gunung Bromo Yuk



Langkah Kaki – Pasti kamu sudah tahu Gunung Bromo di Jawa Timur kan? Gunung Bromo adalah salah satu gunung merapi yang bisa dikunjungi dan memiliki pemandangan yang luar biasa. Ketinggian Gunung Bromo sendiri yaitu sekitar 2,329 mdpl dan membuat keadaan di sekitar gunung lebih sejuk. Walaupun pernah bergejolak pada tahun 2016 lalu, kejadian itu tidak membuat Kawasan Gunung Bromo sepi, terlebih lagi di saat hari libur datang. Gunung Bromo sendiri terletak di Pasuruan, Jawa Timur dan terkenal dengan Suku Tengger yang masih sebagian masyarakatnya beragama Hindu. Tempat wisata Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo dan beberapa titik tempat wisata di Bromo yang tersembunyi lewat artikel ini!

Sunrise View Point

Salah satu titik wisata dari Taman Nasional Gunung Bromo adalah sunrise view point. Tempat ini biasanya sudah dipenuhi wisatawan sejak pukul 00.00 untuk persiapan melihat matahari terbit. Walaupun waktu masih lama menunggu terbitnya matahari, tak jarang beberapa orang mengabadikan pemandangan langit. Jika kamu membawa kamera yang bagus, jangan sia- siakan untuk mendokumentasikan keindahan alam yang jarang ditemui di perkotaan. Kamu bisa meminta supir jeep sebelum sampai di titik ini dan bertanya di mana letak yang bagus untuk bisa melihat bintang- bintang. Jadi kamu tidak hanya akan melihat keindahan alam pada pagi hari, tetapi juga mendapatkan hasil dokumetasi alam yang luar biasa indah di Taman Nasional Gunung Bromo.

Sunrise view point ini akan dipadati oleh beragam wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Jika kamu kedinginan, kamu bisa memilih untuk duduk dan meminum minuman hangat selama di jalur sunrise view point ini. Sudah banyak pula masyarakat sekitar menawarkan baju hangat, kupluk atau sarung tangan hingga asesoris, serta kartu pos yang bergambar Gunung Bromo. Jika badan kamu sudah kuat dan lebih hangat, pastikan kamu mendapat spot yang tepat saat berdiri menyaksikan matahari terbit di kawasan Gunung Bromo ini. Mimin doakan supaya kamu beruntung melihat begitu indahnya matahari terbit di Taman Nasional Gunung Bromo ya!

Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo juga menjadi salah satu tempat wajib saat kamu berkunjung ke kawasan ini. Kamu akan melihat gunung merapi yang sedang tidak aktif dan mendakinya untuk melihat mulut gunung ini. Sebelum kamu sampai di kawah gunung ini, kamu akan disambut oleh padang pasir yang luas, dikelilingi oleh kumpulan bukit dan gunung. Jika kamu datang di musim hujan, kamu akan melihat kumpulan bukit dan gunung ini dengan warna hijau. Warna hijau berasal dari rerumputan yang tumbuh secara alami di sekitarnya. Namun saat musim kemarau, kamu mungkin hanya akan melihat beberapa titik yang berwarna hijau.

Kamu bisa menggunakan jasa tunggang kuda yang berada di sekitar kawah gunung, cobalah menawar sebelum menunggangi ya. Kamu bisa menungganginya dua kali perjalanan, yaitu pergi dan kembali, atau hanya satu kali perjalanan. Sebab itu, kamu bisa memutuskan berapa kali perjalanan dan pastinya harga akan lebih murah jika kamu memilih satu kali perjalanan. Kamu tidak perlu takut untuk memilih kuda yang menurutmu bagus dan jangan takut ya saat kamu berada di atas kuda. Setelah sampai di kaki kawah Gunung Bromo, kamu akan menjumpai tangga untuk bisa mencapai kawah dan melihat pemandangan di atas. Kamu bisa merenungkan bahwa tidak ada eskalator dalam mencapai kesuksesan, naikilah tangga kesuksesan dengan usaha terbaikmu. Jangan lupa abadikan fotomu di pemandangan sekitar kawah Gunung Bromo ya.

Bukit Cinta (Love Hill)

Tempat ini salah satu titik wisata baru di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, atau dituliskan Love Hill Gunung Bromo. Bukit cinta di kawasan Gunung Bromo ini membuat kamu bisa melihat Taman Nasional ini dari tempat tinggi dan akan terlihat pemandangan yang lebih luas. Kamu pun bisa mendokumentasikan diri sendiri di tengah- tengah kumpulan gunung. Walaupun harus menaiki tangga lagi, tetapi  hal itu akan terbayarkan setelah kamu melihat Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo yang begitu megah dari tempat yang tinggi.

Pasir Berbisik

Pasti kamu akan bertanya mengapa dinamakan pasir berbisik, ya kan? Lokasi ini merupakan salah satu padang pasir yang berada di sekitar Taman Nasional Gunung Bromo. Jika dalam keadaan sepi dan di malam hari yang sunyi, kamu bisa mendengar pergerakan pasir yang ditiup angin berbunyi seperti orang sedang berbisik. Kamu juga bisa melihat bahwa terdapat pasir yang begitu halus dan tertiup oleh angin yang kencang, membuat seakan pasir itu mengeluarkan asap. Ayo turun dari mobil jeep mu dan ambil pose yang sesuai bersama mobil di tengah pasir berbisik ya.

Bukit Teletubbies

Nama bukit ini terinspirasi dari acara anak di awal tahun 2000an dulu, bukit yang dipenuhi oleh rumput di seluruh bagian bukitnya. Tidak salah, bukit teletubbies ini sesuai dan di bawah bukit terdapat tanaman ilalang serta bunga bunga liar yang indah. Jika kamu orang yang sangat suka memposting pemandangan alam, kamu wajib mendokumentasikan bukit ini serta kamu bisa bergaya seperti bloger terkenal lainnya di tengah- tengah tanaman ilalang yang begitu panjang.

Coban Pelangi

Coban berarti air terjun, coban pelangi berarti air terjun pelangi. Coban Pelangi menjadi salah satu spot wisata dari kawasan Taman Nasional Gunung Bromo. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, jadi kamu bisa masuk dengan hati yang bahagia. Dalam perjalanan untuk sampai air terjun, kamu membutuhkan tenaga ekstra setelah mengunjungi berbagai titik wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo ini. Jadi jangan lupa untuk tetap bersemangat hingga kamu bisa mencapai air terjun ini. Air yang jatuh dari ketinggian ini, kamu akan merasakan kesegaran dan kesejukan yang terhempas dari aliran air terjun. Nikmatilah kesegaran setelah lelahnya kamu berkeliling di kawasan Gunung Bromo.

Camping Area

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo yaitu berkemah atau camping. Terdapat titik yang memadai kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di alam yang dikelilingi oleh kumpulan gunung dan bukit. JIka kamu tertantang untuk bisa berkemah di kawasan wisata Jawa Timur ini, persiapkanlah fisik dan perlengkapan yang sesuai. Pendakian ini tidak terlalu mudah seperti menaiki tangga di dekat kawah gunung, tetapi membutuhkan tenaga lebih untuk mendaki titik kemah yang lebih tinggi dan jauh dalam suhu yang begitu dingin. Nikmatilah beristirahat di bawah kaki langit dan di atas gunung yang menjadi destinasi wisata terkenal di Indonesia.

Nah, mimin mau kasih sedikit informasi mengenai Taman Nasional Gunung Bromo ini, seperti harus menyewa mobil jeep untuk bisa berkeliling di kawasan ini. Harga  sewa mobil jeep di Gunung Bromo ini sekitar 500ribuan hingga 1jutaan, harga ini tergantung berapa orang dan berapa titik tujuan wisata, serta jam kamu menggunakan mobil jeep tersebut. Mimin memiliki pengalaman bahwa semakin siang kamu berkeliling Taman Nasional Gunung Bromo, harga sewa jeep bisa lebih murah. Itu hanya jika kamu ingin berkeliling dan melihat kawah di pagi hari, atau ketika cuaca tidak mendukung untuk melihat pemandangan matahari terbit. Harga mobil jeep ini juga berpengaruh ke berapa titik kamu kunjungi, selain sunrise view point.

Sebelum menaiki titik melihat pemandangan matahari terbit, ada baiknya sehari sebelum saatnya mendaki kamu mengecek cuaca dari Kawasan Gunung Bromo ini. Kamu akan menyesal jika kamu tidak bisa melihat pemandangan matahari terbit atau kawasan Gunung Bromo karena hujan, kan? Jika kamu ingin berada di kawasan ini hingga siang, tidak ada salahnya membawa kupluk atau topi agar bisa melindungi dari cahaya matahari yang lebih dekat denganmu. Saat kamu merasa lapar, kamu bisa mengisi tenaga di warung kecil dekat kawah Gunung Bromo loh. Sudah tersedia Rawon, makanan khas Jawa Timur dengan harga yang terjangkau. Tersedia pula minuman hangat dan makanan yang dibuat langsung di tempat itu.



Ketika kamu mengajak teman atau kenalan yang berasal dari luar negeri, cobalah cek dan pastikan harga masuk dari kawasan ini. Ada perbedaan yang cukup besar antara harga wisatawan domestik dan mancanegara, hampir 10 kali lipat dari harga tiket masuk wisatawan domestik. Wisatawan domestik bisa dikenakan tarif masuk sekitar 30ribuan, sedangkan wisatawan mancanegara sekitar 200 ribuan hingga 300 ribuan. So, cari informasi lebih banyak sebelum kamu datang ke sini ya. kamu juga bisa dapatkan di paket wisata Bromo.

Ga mau ribet saat berlibur? Yuk, hubungi LANGKAH KAKI – TOUR ORGANIZER untuk bisa mengatur perjalanan wisata ke Taman Nasional Gunung Bromo. Apalagi akan adanya acara music Jazz di Gunung Bromo, hadiri dan nikmatilah perpaduan alam dan kemerduan musik. Kontak kami secara langsung lewat daftar kontak di website kami. Kelilingi Taman Nasional Gunung Bromo, yuk!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.