fbpx
Beranda » Info Wisata » Destinasi Wisata Ke Dieng Plateu



Langkah Kaki Adventure – Bingung mau liburan ke mana lagi? Gimana kalo ke Dieng, Jawa Tengah, udah pernah belum? Bosan dengan keadaan kota yang super panas, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah sangat cocok sama kamu yang butuh suasana adem dan dekat dengan alam. Dataran Tinggi Dieng atau terkenal dengan Dieng Plateu terletak di antara dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Ketinggian Dieng Plateu ini sendiri sekitar 2.000 mdpl atau sekitar 6.800 kaki, dengan ketinggian ini maka wajib membawa perlengkapan untuk membuat badan jadi lebih hangat, terutama di malam hari. Nah, jaket dan kupluk wajib dibawa loh, biasanya terasa dingin saat subuh sekitar jam 2 hingga 4 pagi. Selain itu, Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif, hal ini terbukti dengan adanya beberapa kawah yang kalian bisa kunjungi.

Mimin mau ajak untuk mengenal lebih jauh tentang Dieng, Jawa Tengah ini sebelum kalian datang ke acara Dieng Culture Festival 2018. Udah tau kan dengan acara ini? Belum tau juga? Oke, mimin akan kasih penjelasannya juga di akhir, jangan khawatir.

Ada apa sih di Dieng Plateu? Berikut destinasi wisata Dieng Plateu, Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi.

Tulisan Dieng

Pas tiba di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, terdapat tulisan Welcome to Dieng Wonosobo, jangan lupa berhenti dan bersfoto di depannya. Kamu bisa beristirahat sejenak di spot foto satu ini dan di sekitarnya pun cukup banyak toko atau warung dan pedagang kaki lima yang menawarkan jajanan. Tulisan Dieng ini bisa menjadi bukti kamu dan keluarga atau teman bahwa kalian sudah sampai dan berlibur di Dieng Plateu, pose yang bagus ya!

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin ini termasuk destinasi wisata dieng plateu yang sering dikunjungi wisatawan. Letak Batu Ratapan Angin ini berada di tempat yang cukup tinggi, di atas sana kamu bisa melihat bagaimana pemandangan dari telaga- telaga yang ada di bawah. Kamu harus mendaki beberapa meter sebelum bisa melihat pemandangan dari atas Batu Ratapan Angin ini. Pemandangan indah dari atas Batu Ratapan Angin ini bisa memperlihatkan bahwa Dieng Plateu, Jawa Tengah memiliki beragam telaga yang indah. Saat ingin berfoto di atas batu yang cukup tinggi, pastikan kamu bisa menaikinya tanpa terpeleset ya. Batu- batu yang ada di Batu Ratapan Angin merupakan batu besar dan beberapa curam, jadi berhati- hatilah saat ber-selfie di sana ya!

Jembatan Merah Putih


Dalam satu komplek Batu Ratapan Angin, kamu bisa mengunjungi Jembatan Merah Putih yang ga kalah bagus dan menantang. Kamu bisa selfie di atas jembatan yang merupakan jembatan gantung dan bergoyang. Tenang saja, kamu akan dijaga dan dipantau oleh petugas serta diberikan perlengkapan untuk keamanan saat kamu berada di atas Jembatan Merah Putih tersebut. Lebih keren lagi jika kamu punya teman atau keluarga yang bisa mendokumentasikan saat kamu berada di atas.

Dieng Plateau Theater


Ga jauh dari Batu Ratapan Angin dan Jembatan Merah Putih, terdapat teater yang menjelaskan bagaimana Dieng Plateu terbentuk dan sejarahnya. Arti di balik nama Dieng sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, Di yang berarti gunung atau tempat yang tinggi dan Hyang yang berarti dewa- dewa atau leluhur. Sejarah lain dari Dieng yaitu bermula dari adanya migrasi bangsa Kalingga, yang diketahui berasal dari Cina ke berbagai negara di Asia lainnya. Salah satu tempat yang diketahui menjadi tujuan dari bangsa Kalingga ini, yaitu Dieng. Dieng juga menjadi cikal bakal berdirinya Kerajaan Mataram Kuno, yang terkenal oleh dinasti Sanjaya dan Syailendra. Perpindahan bangsa Kalingga tidak dilakukan secara tiba- tiba, mereka bermaksud untuk memindahkan simbolis surga dari Himalaya ke Pulau Jawa. Sejarah yang begitu kuat dapat dilihat dari peninggalan- peninggalannya seperti Candi yang ada di kawasan Dieng Plateu, seperti Komplek Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati dan Candi Gatutkaca. Sejarah dari Kawasan Dieng Plateu ini bisa kalian nikmati selama 20 menit, jangan lupa beli tiketnya ya!

Telaga Warna


Destinasi Wisata Dieng Plateu ini cukup indah. Telaga yang paling dikenal dari kawasan Dieng Plateau ini adalah Telaga Warna, kenapa disebut Telaga Warna? Jika kamu perhatikan baik- baik, warna dari telaga ini berwarna hijau kebiruan, nah warnanya bisa berganti menjadi putih. Warna- warna yang terpancar tersebut berasal dari belerang yang berada di dasar telaga, sehingga air dari telaga ini mengandung belerang. Jangan lupa berpose di batang pohon besar yang menjulur ke air, berhati- hatilah saat berjalan di atasnya ya. Atau untuk anak- anak, terdapat titik foto bersama dengan badut di pinggir Telaga Warna, jadi lebih seru kan ditemani para badut. Selain Telaga Warna, mimin telah menyebutkan bahwa terdapat telaga lain, di antaranya Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Menjer dan Telaga Cebong. Jika kamu memiliki waktu lebih, berkunjunglah ke telaga- telaga tersebut dengan melihat keunikannya masing- masing.

Kawah Sikidang


Kawah Sikidang adalah salah satu titik destinasi wisata yang juga terkenal di kawasan Dieng Plateau, Jawa Tengah dengan pemandangan batu kapur di sekitarnya. Jadi persiapkanlah kacamata hitam kerenmu ya! Seperti mimin bilang sebelumnya, Dataran Tinggi Dieng ini merupakan kawasan vulkanik sehingga Kawah Sikidang pun aktif dengan masih mengeluarkan belerang. Kini pun sudah tersedia titik- titik yang bagus untuk selfie atau wefie bersama teman dan keluarga kamu. Mobil jeep, motor cross dan berbagai tempat berbentuk bunga, hati dan lainnya dari bahan kayu, siap membuat foto kamu di Kawah Sikidang menjadi kece dan instagrammabe. Tapi jika kamu lupa membawa masker, kamu bisa membeli dari masyarakat sekitar yang menjualnya. Saat kamu sudah mulai merasa pusing karena bau belerang di sekitar, jangan memaksakan diri ya. Kawah lainnya yang ada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yaitu Kawah Candradimuka, Kawah Sileri dan Kawah Sikendang.

Candi Arjuna

Masih ingat kan dengan sejarah yang mimin kasih tau tadi? Salah satu candi yang paling banyak dikunjungi atau terkenal adalah Candi Arjuna. Candi Arjuna ini termasuk destinasi wisata dieng plateu berbentuk komplek yang terdiri dari candi – candi kecil. Komplek Candi Arjuna terdiri dari Candi Puntadewa, Candi Semar, Candi Sembrada dan Candi Srikandi. Saat kamu berada di Komplek Candi Arjuna, kamu akan menikmati pemandangan gunung di sekitarnya dan hawa dingin sangat terasa jika kalian mengunjunginya di pagi hari. Komplek Candi Arjuna ini diperkirakan berdiri pada abad ke-9 Masehi, jadi jangan lupa untuk mengabadikan keberadaan kamu di candi bersejarah ini ya.

Bukit Sikunir dan Hamparan Bukit Teletubbies


Ketika kamu berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, jangan ketinggalan pemandangan matahari terbitnya loh! Kawasan Dieng Plateau memiliki beberapa bukit, salah satu yang terkenal untuk pemandangan matahari terbit atau sunrise yaitu Bukit Sikunir. Walaupun dalam keadaan dingin, usahakan untuk bangun sekitar jam 4 atau 5 pagi dan tahanlah dinginnya Dieng untuk bisa melihat matahari terbit di sana. Siapkan kamera juga untuk bisa mengabadikan momen sunrise yang begitu indah, dikelilingi beberapa rangkaian gunung. Selain Bukit Sikunir, ga cuma di Taman Nasional Gunung Bromo yang memiliki bukit Teletubbies, di Kawasan Dieng Plateu, Jawa Tengah juga bisa kamu nikmati bukit yang mirip dengan acara anak di tahun 2000an. Bukit Teletubbies ini memiliki beberapa anak bukit, kamu bisa memilih di mana kamu akan berpose untuk kemudian dimasukkan ke feed instagrammu. Terdapat pula Bukit Pangonan yang telah menjadi potensi wisata alam yang baru bagi Kawasan Dieng Plateu. Jika kamu mau mencoba berkemah dan menginap di alam terbuka, Bukit Pangonan bisa menjadi salah satu pilihan kamu menginap. Tapi tetap bawa perlengkapan agar kamu bisa tidur di keadaan dingin daerah Dieng ya. Masih banyak lagi bukit di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah seperti Bukit Skoter dan Bukit Sidengkeng.

Gunung Prau


Bagi para pendaki, salah satu gunung yang bisa didaki di daerah Jawa Tengah yaitu Gunung Prau. Pendakian Gunung Prau di Kawasan Dataran Tinggi Dieng ini berada di ketinggian 2.565 mdpl yang bisa ditempuh melalui daerah Dieng atau Kendal. Jika kamu memilih pendakian dari daerah Dieng, kamu membutuhkan 2-3 jam perjalanan, sedangkan dari daerah Kendal lebih lama. Pemandangan yang akan kamu lihat adalah waktu matahari terbit, jadi jangan ketiduran saat sunrise tiba. Waktu yang tepat untuk mendaki Gunung Prau ialah musim kemarau untuk menghindari hujan karena air hujan dapat membuat jalur pendakian ini lebih licin. Musim kemarau juga memberi kamu kesempatan untuk melihat bunga daisy yang bermekaran. Jadi rencanakan dan persiapkan pendakian kamu bersama teman atau keluarga dengan baik ya.

Dieng Culture Festival (2018)


Nah, kamu pasti sudah menunggu Dieng Culture Festival beserta dengan penjelasannya, kan? Salah satu Destinasi Wisata Dieng Plateu yang terbesar adalah Dieng Culture Festival tahun 2018, yang merupakan perhelatan kesembilan dan dipersiapkan dengan lebih megah dibandingkan tahun sebelumnya. Kesadaran akan kekayaan budaya lokal membuat Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa mengusung acara tahunan ini. Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa terdiri dari para pemuda, pemudi dan pelaku wisata yang termasuk pula para tour guide, pemilik homestay, pemasaran, agrowisata, ukm, keamanan dan kerajinan asli daerah Dieng, Jawa Tengah. Puncak dari Dieng Culture Festival yaitu ruwatan rambut gimbal anak asli Dieng yang merupakan warisan leluhur sekitar Dieng.



Anak yang berambut gimbal ini dipercaya bahwa gimbal tersebut sebagai titipan penguasa alam dan perlu dirawat, atau ngerawat atau ruwat. Sehingga anak yang berambut gimbal ini perlu disayangi dan diberi apa yang diinginkan, umur dari anak berambut gimbal biasanya berusia 2 hingga 5 tahun. Anak yang memiliki rambut gimbal ini tidak dibuat secara sengaja atau tumbuh secara alami dan prosesi ruwatan ini memiliki beberapa rangkaian. Proses ruwatan tersebut terdiri dari napak tilas, arak- arakan, jamasan, pemotongan rambut, ngalap berkah dan pelarungan. Dieng Culture Festival pun dilengkapi dengan acara meriah lain seperti pementasan musik Jazz, pelepasan lampion, pagelaran atraksi tradisional dan lainnya.

Tunggu apalagi? Segera pesan tiket kamu bersama teman atau keluarga ke Dieng Culture Festival 2018. Kamu juga bisa melakukan pemesanan tiket selama Dieng Culture Festival melalui LANGKAH KAKI – TOUR ORGANIZER. Alami dan nikmati percampuran antara acara tradisional dan modern bersamaan di Dieng Culture Festival!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.