fbpx
Beranda » Info Wisata » Aktivitas Mendaki di Dieng Bukit Sikunir dan Gunung Prau

Langkah Kaki – Dieng seolah olah selalu menghadirkan pesona wisata yang tak ada habisnya. Mulai dari aktivitas wisata alam hingga wisata buatan banyak disini. Namun salah satu yang menarik untuk diulas adalah wisata alamnya. Di Dieng kita bisa melihat wisata alam yang sangat beragam misalnya saja aktivitas mendaki di Dieng ke Bukit Sikunir dan Gunung Prau.



Dieng memang terkenal dengan gelar negeri atas awan. Hal ini sangat benar mengingat Dieng memang terletak di ketinggian. Karena keunikannya itu di dataran tinggi dieng banyak menawarkan keindahan dataran tinggi yang sangat mengagumkan.

Bukit Sikunir

Ada sebuah spot untuk Aktivitas Mendaki di Dieng yang sangat menarik untuk di kunjungi yaitu Wisata Bukit Sikunir. Bahkan tempat inu menjadi destinasi favorit ketika kita berlibur ke dieng. Hal tersebut dikarenakan pada puncak bukitnya kita akan melihat spot golden sunrise yang sangat sempurna. Karena keindahan ini makanya banyak sekali pengunjung yang menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Bukit Sikunir.

Pesona Keindahan Bukit Sikunir

Ada berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan di Bukit Sikunir ini. Semua kegiatan tersebut selalu disajikan dalam panorama alam yang indah dan mengagumkan. Berikut ini adalah pesona yang bisa anda temukan di Bukit Sikunir.

Menikmati Golden Sunrise Di Bukit Sikunir Dieng

Suasana sejuk dan tenang akan anda rasakan dari atas perbukitan ini. Untuk menuju ke atas sana anda harus menempuh perjalanan dengan mendaki. Walaupun anda lelah dalam perjalanan namun semuanya terbayarkan ketika anda mencapai puncaknya. Di puncak sana anda akan siap siap untuk kagum dengan keindahan dari golden sunrise yang menawan. Golden Sunrise ini merupakan obat bagi para pengunjung yang lelah di perjalanan, semua itu terbayarkan dengan pesona dari Golden sunrise.

Bagi anda yang belum tahu apa itu golden sunrise, golden sunrise adalah sebuah cahaya matahari pagi yang baru terbit dan memancarkan cahaya emasnya yang sangat indah. Siap siap untuk kagum dengan cahaya emas yang ditawarkannya. Momen ini merupakan momen terbaik yang ditunggu tunggu oleh banyak orang ketika mendaki di Bukit Sikunir.



Karena golden sunrise ini hanya bisa dilihat pada fajar maka dari itu untuk menikmatinya anda harus berangkat sebelum subuh. Di tempat ini memang sudah ramai para pengunjung yang mulai melakukan pendakian mulai jam 3 pagi. Hanya dengan berjalan kaki selama setengah jam anda akan sampai di pintu masuk bukit sikunir.

Keindahan Telaga Cebong Di Bukit Sikunir

Apabila pengunjung sedikit turun dari bukit sikunir maka pengunjung akan menikmati sebuah keindahan lain yaitu telaga cebong. Tempat ini juga sangat eksotis dan membuat kita kagum berada disini.

Sebuah daya tarik lebih yang bisa anda saksikan dari telaga ini adalah ketika anda datang pada pagi hari. Karena pada pagi hari anda akan melihat permukaan telaga yang berwarna biru segar. Sangat cocok bagi anda yang ingin berselfie ria disini.

Selain pesona alamnya di tempat ini Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing. Aktivitas memancing ini bisa anda lakukan di Telaga yang memiliki kedalaman dua hingga empat meter. Para mancing mania bisa unjuk kebolehannya memancing di tempat ini. Agar kekayaan alamnya tetap lestari pihak pengelola memberikan aturan tentang pekarangan untuk menjaring ikan dan juga menyebar racun atau bom.

Mencoba Kuliner Khas Dieng

Setelah anda menikmati golden sunrise kini waktunya anda turun dan menikmati kudapan khas Dieng. Karena pastinya setelah perjalanan menuju puncak anda akan merasakan lapar yang bergejolak. Untuk mengobati rasa lapar ini maka anda bisa mencoba kuliner khas Dieng diantaranya.



Menikmati Tempe Kemul

Salah satu yang menarik adalah makanan tempe kemul. Sebenarnya di tempat Dieng ini ada banyak makanan yang tersedia seperti mie ongklok, semur kentang dan yang paling khas adalah tempe kemul. Tempe kemul ini sebenarnya mirip dengan tempe mendoan. Yaitu tempe yang diberi dengan tepung lalu digoreng. Dalam menggoreng biasanya tempe yang digunakan di iris tipis terlebih dahulu dan untuk campuran adonan biasanya digunakan potongan daun bawang dan daun kucai. Setelah itu tempe digoreng sampai renyah.

Semur kentang khas Dieng

Jangan pergi beranjak dari Dieng jika anda belum mencoba semut kentangnya. Semur kentang ini menjadi makanan khas Dieng karena apabila kita berkaca pada mata pencaharian penduduk Dieng yang mayoritas petani kentang. Namun semur kentang yang ada di Dieng memiliki cita rasa yang lezat karena bumbu yang digunakan membuat rasanya manis dan padas.

Mie ongklok khas Dieng-Wonosobo

Dieng juga memiliki kuliner khas yang lain yaitu mie ongklok. Mengapa disebut demikian karena mie ongklok ini penyajiannya cukup unik. Sebelum mie ongklok ini disajikan, maka mie ini akan dicampur dengan potongan daun kucai dan juga sayur kovis.



Dalam melakukan proses peramuan antara sayuran dan mie ini menggunakan gayung yang terbuat dari bambu. Campuran tadi kemudian dimasukkan kedalaman air yang sudah mendidih. Dalam melakukan proses ini memakan waktu beberapa menit saja. Setelah mie dimasak nantinya mie tersebut diletakkan di mangkok yang diberi kuah kanji. Rasanya enak banget!

Gunung Prau

Aktivitas Mendaki di Dieng yang favorit untuk para pengunjung adalah gunung Prau. Gunung Prau ini wajib anda sambangi ketika bermain ke dieng. Dengan tinggi puncak mencapai 2565 ini membuatnya mudah untuk didaki. Terlebih lagi dengan kontur gunung prau yang sedikit landai maka akan sangat mudah untuk ditaklukan oleh para pendaki khususnya yang masih pemula.

1. Mulai pendakian, akan dimanjakan pemandangan hijaunya alam di Dieng bisa terlihat

Saat melakukan Aktivitas Mendaki di Dieng di gunung ini Anda akan dibuat kagum dengan melihat Bentang alam dieng yang gagah terpatri bak lukisan indah. Alam yang berupa pegunungan ini dipadukan dengan pesona area persawahan di sekretariat lereng lerengnya sangat cantik. Apalagi saat kabut menyelimuti pemandangannya sangat sempurna. Anda bisa melihat panorama indah ini ketika melakukan pendakian melalui Dwarawati.


2. Jalur Rata-rata Merupakan Tanah Berundak

Masih di pendakian jalur Dwarawati, nantinya anda akan merasakan Medan yang berundak undak. Meskipun begitu anda akan tetap aman apabila anda memastikan bahwa alas kaki yang digunakan sesuai standar dan tidak licin. Tetap jaga keselamatan ya!

3. Akan bertemu jalur yang disebut Akar Cinta

Ketika anda mendaki gunung prau maka sepanjang perjalanan nantinya and abis melihat jalur yang terdapat akar akar saling bertautan. Oleh karena akar akarnya yang saling bertautan maka jalur ini sering disebut dengan akar cinta. Maka dari itu karena akar akarnya saling mencuat anda harus hari hati agar tidak tersandung ketika berjalan.

5. Barisan pemandangan gunung-gunung di sekitarnya bisa terlihat

Apabila anda sudah melewati pos pendakian ke dua maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat memukau. Pemandangan ini yaitu barisan pegunungan yang saling berjajar. Nantinya anda juga akan melihat gunung sindoro dan Gunung sumbing meski tampak jauh.



Itulah 2 aktivitas mendaki di Dieng ke bukit sikunir dan gunung prau yang tidak boleh kalian lewatkan jika kalian adalah pecinta alam atau seorang MAPALA.

Baca juga:

1. Rekomendasi Spot Wisata Dieng yang Instagramable
2. 4 Destinasi Wisata di Dieng Yang Tidak Boleh Terlewatkan
3. Event Budaya terbesar di Indonesia Dieng Culture Festival (DCF)
4. Tradisi Ruwatan Rambut Gimbal Di Dieng
5. 3 Acara Penting di Event Dieng Culture Festival

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.