fbpx
Beranda » Wisata Labuan Bajo » Akivitas dan Spot Menarik Di Kawasan Wisata Pulau Komodo




Langkah Kaki – Pulau Komodo memiliki daya tarik yang begitu kuat bagi banyak wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Yang menjadikan kawasan wisata ini menarik tentu saja keinginan dari para wisatawan untuk melihat secara langsung kehidupan liar dan bebas dari satwa langka yaitu Komodo. Komodo merupakan hewan purba satu-satunya yang saat ini masih hidup di dunia. Dan habibat asli mereka di Pulau Komodo.

Pulau Komodo masuk dalam wilayah teritorial dari Nusa Tenggara Timur. Di tempat tersebut hidup ribuan Komodo yang jumlahnya saat ini hanya tersisa sedikit. Kurang lebih terdapat 5.000 ekor komodo yang ada di kawasan Pulau Komodo. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas mengenai Wisata Pulau Komodo. Untuk lebih detailnya, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Sekilas Tentang Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo berbatasan dengan wilayah selat sape. Pulau ini berada di sebelah timur dari pulau sumbawa. Pulau Komodo merupakan habitat asli dari hewan purba kadal raksasa yaitu Komodo. Jumlah dari komodo yang hidup secara bebas di taman konservasi tersebut sampai saat ini terdapat kurang lebih sekitar 5.000 ekor.

Pulau Komodo menjadi destinasi wisata favorit dan banyak di jadikan sebagai tempat berlibur oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Selain menjadi kunjungan wisatawan, pulau komodo juga menarik para peneliti dan ilmuan untuk melakukan observasi terkait dengan hewan purba tersebut.



Wisata Pulau Komodo merupakan salah satu dari tiga pulau yang berada dalam satu wilayah dari Taman Nasional Komodo. Dua pulau lain adalah Pulau Rinca dan juga Pulau Padar. Dari ketiga pulau tersebut, Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang menjadi tempat tinggal dari hewan komodo. Sedangkan pulau Padar tidak di huni hewan purba tersebut. Dan diantara Pulau Komodo dan Pulau Rinca, komodo dengan jumlah terbanyak hidup di pulau Komodo.

Ketika kamu mengunjungi Pulau Komodo, kamu tidak hanya melihat komodo semata. Melainkan ada banyak sekali hal-hal yang indah dan menakjubkan yang bisa kamu temukan di pulau ini. Ada pantai, bukit dan masih banyak lagi yang lain.

Aktivitas di Pulau Komodo

Di Pulau Komodo tidak hanya berisi hewan komodo saja. Melainkan hidup juga manusia disana. Manusia yang hidup di pulau komodo ini berdampingan dengan hewan purba raksasa tersebut. Perkampungan di pulau komodo yang di huni manusia adalah kampung wisata komodo. Masyarakat dari Kampung wisata komodo ini hidup berdampingan dengan komodo.

Uniknya, hewan yang terkenal ganas tersebut tidak pernah memangsa masyarakat yang hidup di sekitar mereka. Mungkin hal-hal semacam itu terjadi karena nilai historis yang cukup kental dan masyarakat sekitar juga memperlakukan hewan tersebut dengan baik sebagaimana mestinya. Bagi masyarakat kampung wisata komodo, mereka sudah terbiasa dengan hewan tersebut dan tak jarang komodo juga berkeliaran di pekarangan rumah mereka.

Kampung wisata komodo tersebut bisa menjadi titik tujuan kamu untuk berjalan-jalan dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Di pulau Komodo kamu juga bisa melihat dan berkunjung ke tempat-tempat yang menjadi spot favorit bagi hewan purba tersebut untuk berjemur. Namun, yang harus kamu perhatikan adalah ketika kamu berjarak dekat dengan komodo, kamu harus selalu berada di bawah pengawasan dari pemandu atau pawang komodo.



Pasalnya komodo tersebut bukan hewan jinak dan kita sebagai orang awan tidak bisa memastikan kapan hewan itu mendekat dan bersiap-siap untuk menerkam kita. Terlebih hewan itu terkenal dengan kecepatan berlarinya yang sepersekian detik saja mampu memberangus mangsanya. Maka dari itu agar kamu tetap selamat, jangan jauh-jauh dari pengawasan pemandu atau pawang komodo tersebut.

Hewan komodo yang ada di pulau komodo tidak di beri makan secara langsung oleh pawang atau pemandu tersebut. Adapun cara mereka memberi makan hewan tersebut adalah dengan melepaskan hewan yang jadi makanannya dan membiarkan komodo-komodo tersebut memburu dan memangsa makanannya sendiri.

Satu hal yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan jika kamu seorang wanita atau kamu mengajak serta pacar mu, ibu mu dan anggota keluarga mu yang perempuan dan wanita tersebut sedang haid atau menstruasi, maka pengunjung wanita yang sedang menstruasi atau haid tidak di perkenankan untuk memasuki kawasan pulau Komodo. Hal ini di karenakan hewan komodo memiliki insting yang tajam dan sangat sensitif terhadap bau darah. Demi keselamatan, maka kunjungan ke pulau komodo sebaiknya di tunda dulu sampai menstruasi selesai.

Harga Tiket Masuk ke Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo ini beroperasi 24 jam nonstop. Adapun harga tiket yang berlaku di pulau ini tidak semahal yang di bayangkan. Mungkin kamu akan mengira bahwa untuk bisa berkunjung dan melihat hewan komodo di alam liarnya, kamu perlu membayar uang jutaan rupiah. Nyatanya hal itu tidak benar adanya.

Untuk wisatawan lokal, tarif masuk yang di berlakukan terbilang sangat murah yaitu sekitar 5 ribu rupiah saja. Tentu ini sangat murah sekali, bukan? Dan harga tiket ini bisa saja sewaktu-waktu naik karena beberapa hal yang mengharuskan kenaikan tiket. Namun kenaikan tersebut paling hanya mencapai angka 10 ribu rupiah saja.

Adapun untuk wisatawan asing, harga tiket yang harus di bayarkan untuk dapat melihat hewan komodo di alam liarnya adalah sebesar 150 ribu rupiah. Sama halnya dengan tiket wisatawan lokal, harga tiket untuk wisatawan asing pun sewaktu-waktu bisa mengalami kenaikan sampai dengan harga 250 ribu rupiah.

Itu hanya biaya tiket masuk. Ada biaya tambahan lagi yang harus kamu bayarkan. Yaitu untuk biaya pemandu wisata agar kamu bisa leluasa berkeliling di pulau tersebut. Biaya pemandu wisata ini hanya sebesar 80 ribu rupiah saja. 80 ribu rupiah tentu sangat murah dibanding dengan nyawa mu yang menjadi taruhan apabila tidak di pandu dengan orang yang ahli dalam mengangani hewan buas dan liar semacam komodo ini.

Kamu bisa mengunjungi pulau komodo dengan waktu yang paling tepat yaitu pada bulan maret sampai dengan bulan juni atau pada bulan oktober sampai dengan bulan desember. Waktu tersebut sangat di rekomendasi oleh pihak pengelola dari Taman Nasional Komodo sebagai waktu kunjungan terbaik.



Bila kamu ingin berada di pulau Komodo selama beberapa hari, kamu juga bisa menyewa penginapan yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola wisata. Dan bila kamu sudah puas dengan pulau Komodo, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata lain yang berada tak jauh dari Pulau Komodo. Beberapa destinasi tersebut masuk dalam kawasan wisata Labuan Bajo. Kamu bisa bertandang kesana dan menikmati keindahan-keindahan yang disajikan di Labuan Bajo.

Nah itulah ulasan lengkap tentang Wisata pulau komodo yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mengunjungi habitat asli dari hewan purba Komodo.

Baca juga :
1. Rekomendasi Spot Wisata Menarik di Pulau Komodo
2. Rekomendasi Paket Wisata Labuan Bajo
3. 6 Destinasi Wisata di Labuan Bajo Yang Menarik dan Indah
4. Tempat Wisata Terbaik di Labuan Bajo Yang Harus Kamu Kunjungi

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.