fbpx
Beranda » Info Wisata » 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali Menantang




Langkah Kaki – Jika Anda mencari tempat yang mudah untuk berlibur di Indonesia, wisata Bali selalu merupakan ide yang bagus. Ini adalah destinasi yang selalu direkomendasikan banyak orang. Terutama ketika mereka menginginkan tujuan yang nyaman untuk bepergian. Memang ada banyak tempat indah di Indonesia, tetapi sayangnya banyak yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Tempat wisata di Bali adalah salah satu tempat yang dikunjungi ratusan ribu wisatawan setiap tahun. Selalu ada sesuatu yang baru untuk ditemukan.

Wisata Bali ke Pura Lempuyang, Pabrik Cokelat Charlie dan Tirta Gangga

Pura Lempuyang adalah salah satu pura paling indah di Bali. Mengunjungi Pura Lempuyang dapat dilakukan dengan singkat hanya sampai ke dasar candi atau perjalanan panjang ke puncak candi yang membutuhkan minimal satu jam hingga 4 jam. Bagian dasar Candi Lempuyang tidak diragukan lagi adalah bagian paling indah dari bangunan candi. Wisatawan akan bertemu banyak orang yang berdoa / beribadah sepanjang perjalanan ke pura tersebut. Selanjutnya adalah mengunjungi Pabrik Cokelat Charlie layaknya sebuah taman bermain bagi orang dewasa. Lokasi ini menyenangkan untuk dijelajahi. Bila beruntung, wisatawan bisa bertemu dengan Charlie sang pemilik yang sangat baik dan ramah. Beberapa hal menarik yang ada di Pabrik Cokelat Charlie termasuk ayunan raksasa, menjelajahi gedung-gedung unik, bertemu Agus sang Angsa, minum cokelat panas hangat dan berenang di tepi pantai.

Perjalanan dilanjutkan ke Tirta Gangga. Ini adalah istana air favorit kebanyakan wisatawan saat di Bali. Suasananya sangat damai. Wisatawan bisa berjalan di atas batu loncatan di atas kolam yang penuh ikan koi. Ada restoran yang bagus dengan pemandangan menghadap ke istana di mana wisatawan dapat mengisi perut. Plus ada kolam renang untuk berenang, jadi ingatlah untuk membawa perlengkapan renang.

Wisata Bali Snorkeling / Menyelam di Amed, Tulamben

Amed adalah desa nelayan tradisional. Butuh beberapa jam untuk berkendara dari Bali Selatan. Daerah ini sangat damai. Ada banyak hal yang bisa pelancong lakukan di Amed, namun puncaknya adalah menyelam. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai berpasir hitam sembari menjelajahi desa nelayan. Tak jauh dari pantai Amed wisatawan akan menemukan banyak terumbu karang, bangkai kapal Jepang, dan beberapa pemandangan bawah laut yang menarik yang dapat dijelajahi. Semua itu menjadikan laut ini sangat tepat untuk menyelam, dan snorkeling.

Aktifitas menyelam selanjutnya adalah melihat kapal karam di Tulamben. Ini adalah situs penyelaman yang sangat populer,  ada begitu banyak penyelam yang menjelajahi reruntuhan kapal USS Liberty. Bangkai kapal tersebut hanya berjarak 10 meter dari pantai. Ketika menyelam, wisatawan akan melihat  berbagai jenis ikan seperti barakuda raksasa atau nudibranch yang cantik bila turun di bawah kedalaman 25 meter. Beberapa wisatawan menjumpai beberapa hiu martil saat menyelam di pagi hari.

Wisata Bali Bertema Alam dan Air Terjun di Air terjun Banyumala, Danau Buyan dan Tamblingan

Saat berwisata ke Bali, salah satu yang direkomendasikan adalah mengunjungi air terjun kembar Banyumala di Buleleng. Air terjun yang hanya berjarak berjalan kaki sebentar dari tempat parkir. Banyumala adalah air terjun yang indah dengan taman yang cantik dan terawat dengan baik serta dilengkapi pura kecil. Ada kolam renang di dasar air terjun tempat dimana wisatawan bisa berenang.



Wisatawan dapat mengganti baju renang di sini jika membawa handuk, tetapi akan lebih nyaman jika sudah mengenakan pakaian renang. Dari Banyumala, disarankan pula untuk mengunjungi Air Terjun Banyumala dengan danau kembar, Buyan dan Tamblingan. Ada beberapa angle view panorama nan eksotis di sekitar danau. Pelancong pun bisa mampir ke beberapa pasar kecil, toko, kafe, dan restoran yang mengelilingi danau.

Wisata Bali Petualangan Mendaki Gunung Agung

Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali. Mendaki Gunung Agung mungkin adalah pendakian terberat yang pernah dilakukan penggemar aktifitas petualangan di Indonesia. Itu bukan karena jarak, tetapi kecuraman dan jurang di kedua sisi (kiri dan kanan) di sepanjang trek pendakian. Jika wisatawan ingin mendaki Gunung Agung pastikan untuk menggunakan pemandu. Meskipun petunjuk sepanjang rute cukup jelas namun tetap berpotensi berbahaya (mudah tersesat). Itu juga merupakan proses pendakian yang panjang.

Bila pendakian dimulai sekitar jam 10 malam maka diperkirakan mencapai puncak saat matahari terbit dan kembali ke basecamp sekitar 1-2 sore hari berikutnya. Pemandangan dari atas sangat mengagumkan! Wisatawan dapat melihat sejauh samudera di (hampir) setiap arah dan Danau Batur yang berada di bawah sana.

Wisata Bali Petualangan ke Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah pulau kecil di lepas pantai barat laut Bali. Pulau Menjangan ini berada di Taman Nasional Bali Barat, yang termasuk cagar laut yang dilindungi oleh pemerintah. Bentang alam laut Menjangan yang indah dan murni membuatnya menjadi tempat yang populer di kalangan penyelam dan perenang snorkel. Makhluk yang menghuni perairan di sekitar pulau termasuk penyu sisik, belut kebun dan pari manta.

Di daratan yang kering, pulau ini adalah rumah bagi kawanan rusa – nama pulau ini diterjemahkan sebagai ‘Pulau Rusa’. Menjangan mudah diakses dari pantai barat laut Bali – perjalanan sekitar 40 menit dengan speedboat dari Pemutaran / Labuhan Lalang. Tak mungkin untuk mengunjungi Pulau Menjangan sepenuhnya secara mandiri.  Wisatawan memerlukan izin terkait dengan status dilindungi dari Taman Nasional Bali Barat. Ada kantor pengelola di Labuhan Lalang di mana wisatawan dapat mengambil izin sebesar Rp 20.000. Sementara biaya untuk panduan mulai dari sekitar Rp 350.000.



Pulau Menjangan dianggap oleh banyak orang sebagai tempat terbaik di Bali untuk menyelam dan snorkeling dari semua tingkat pengalaman. Namun, wisatawan harus menyadari bahwa beberapa area menyelam di sana sangat dalam dan memiliki arus yang kuat. Ada banyak makhluk laut indah untuk dilihat di perairan sekitar Kepulauan Menjangan. Di area menyelam Garden Eels, wisatawan akan melihat belut menjulurkan kepala mereka dari dasar laut dan bergoyang hipnotis seperti rumput laut. Wisatawan juga bisa menyelam di bangkai kapal tua di Kapal Budak, dan melihat pari manta dan barakuda di Gua Kelelawar. Di pulau ini sendiri ada beberapa kuil yang indah. Yang paling menonjol, ada kuil Ganesha, dengan patung dewa putih yang memandang ke atas laut. Meskipun Pulau Menjangan adalah tujuan yang sangat populer bagi pengunjung, namun tidak ada hotel di pulau itu sendiri. Ini bertujuan untuk membantu menjaga keindahan pulau, ekosistem, dan alam yang belum terjamah.

Namun, ada banyak hotel yang sesuai dengan semua anggaran di pantai daratan terdekat. Jika anggaran terbatas, ada beberapa pilihan untuk hotel di dekat Pulau Menjangan. Salah satunya adalah Menjangan View Homestay, yang terletak beberapa kilometer di sebelah timur Labuhan Lalang. Kamar-kamar berada di bungalow nyaman yang terletak di taman yang indah, dengan kolam renang outdoor yang indah. Harga kamar mulai dari sekitar Rp 208.000. Ada juga beberapa pilihan hotel mewah di dekat Menjangan. Plataran Menjangan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3.400.000.

Baca juga :
1. Rekomendasi Tempat Wisata Di Bali Yang Tidak Boleh Dilewatkan
2. 6 Rekomendasi Tempat Outing Corporate di Bali Yang Terbaik
3. Bosan dengan Bali, Cobain Wisata Ke Nusa Penida Aja!
4. Paket Wisata Bali

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.