fbpx
Beranda » Info Wisata » 4 Destinasi Wisata di Dieng Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Langkah Kaki Adventure – Dieng merupakan kawasan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Kawasan dieng merupakan destinasi yang dijadikan sebagai komoditas unggulan bagi Provinsi Jawa Tengah. Dieng memiliki panorama dan pesona yang membuat siapa saja yang singgah akan merasa kagum dengan segala keindahannya. Salah satu yang menjadi daya tarik di Dieng adalah terdapat Dieng Culture Festival yang diadakan setiap setahun sekali.



Selain Dieng Culture Festival, ada banyak sekali destinasi wisata yang tak kalah menarik dan wajib kamu kunjungi apabila sedang berlibur di kawasan Dieng ini. Pada artikel kali ini, kami akan merangkum beberapa destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan apabila berada di Dieng. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di Dieng yang tidak boleh untuk dilewatkan.

1. Wisata Gardu Pandang Tieng di Dieng

Destinasi wisata di dieng pertama yang tak boleh kamu lewatkan bisa sedang berlibur di kawasan wisata ini adalah wisata Gardu Pandang Tieng. Tempat wisata Gardu Pandang Tieng ini layak menjadi opsi utama untuk kamu yang ingin menikmati panorama sunrise atau matahari terbit. Gardu Pandang Tieng ini tak pernah sepi oleh para wisatawan. Setiap hari tempat wisata ini penuh dan sesak oleh wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan mentari terbit dari ufuk timur.

Destinasi wisata Gardu Pandang Tieng ini berlokasi di Jalan Raya Dieng, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dari pusat Wonosobo, waktu tempuh perjalanan yang akan kamu lalui adalah sekitar 30 menit. Begitu sampai di lokasi dari Gardu Pandang Tieng ini kamu akan di sambut dengan keindahan yang akan membuat kamu ingin berlama-lama dan menunda kepulangan.



Destinasi wisata Gardu Pandang Tieng ini buka setiap hari dan selama 24 jam nonstop. Kamu bisa datang di jam berapapun. Namun ada baiknya kamu datang sebelum pagi hari atau tepatnya sekitar pukul 3 pagi. Kamu bisa duduk santai sembari ngopi sambil menunggu mentari memulai menjalani tugasnya untuk menyinari bumi.

Tarif tiket yang di berlakukan di destinasi wisata Gardu Pandang Tieng ini terbilang cukup murah. Pada hari senin sampai dengan jumat, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 7.500.00 dan pada hari sabtu minggu atau weekends, tarif yang berlaku adalah sebesar 10 ribu rupiah. Harga yang murah dengan keindahan yang cukup mewah. Kamu tidak akan menyesal apabila singgah di tempat wisata Gardu Pandang Tieng ini.

2. Wisata Telaga Pengilon Dieng

Destinasi wisata di Dieng berikutnya yang bisa kamu kunjungi apabila berlibur di kawasan ini adalah Telaga Pengilon. Ada banyak sekali telaga yang berada di kawasan dieng, salah satunya adalah wisata Telaga Pengilon. Telaga Pengilon ini memiliki keindahan yang akan membuat kamu terpesona. Ada mitos dari masyarakat sekitar perihal Telaga Pengilon. Meski begitu, keindahan dari Telaga Pengilon ini mampu mengalahkan mitos yang menyeramkan tersebut sehingga Telaga Pengilon tetap ramai oleh kedatangan wisatawan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa Telaga Pengilon ini tak jauh beda dari telaga Warna. Memang secara keindahan dua telaga ini memiliki persamaan. Yang menjadi pembeda antara telaga warna dengan Telaga Pengilon ini adalah Telaga Pengilon memiliki air yang jauh lebih jernih. Bahkan saking jernihnya, kamu bisa berkaca di air tersebut.



Tak hanya airnya yang jernih, di dalam air dari Telaga Pengilon ini juga menjadi rumah untuk kehidupan ikan-ikan yang akan semakin menambah keindahan dari Telaga Pengilon. Kamu bisa melihat dengan jelas ikan-ikan berlarian kesana dan kemari dari kejernihan air di Telaga Pengilon ini. Destinasi wisata ini berlokasi di kawasan Wisata Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Masyarakat sekitar Telaga Pengilon juga memanfatkan air dari telaga tersebut untuk irigasi sawah-sawah mereka. Memang Telaga Pengilon ini penuh manfaat, baik untuk wisatawan dengan keindahan maupun untuk masyarakat pertanian sekitar. Destinasi wisata Telaga Pengilon ini buka setiap hari di mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 6 sore. Tarif tiket yang berlaku di kawasan Telaga Pengilon ini adalah sebesar 10 ribu rupiah per orang.

3. Wisata Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir merupakan salah satu destinasi wisata di Dieng yang juga tidak boleh dilewatkan. Bukit Sikunir merupakan tempat wisata yang bisa kamu pilih untuk menikmati pesona sunrise. Kamu bisa memilih Bukit Sikunir untuk menikmati keindahan sunrise jika memang tidak ingin ke tempat wisata sebelumnya.

Dari puncak bukit kamu akan dapat menyaksikan pesona langit yang berwarna kemerahan di pagi hari. Kamu bisa mengabadikan moment tersebut dengan berselfie ria agar bisa kamu post di feed instagram. Ada baiknya kamu datang ke kawasan wisata Bukit Sikunir ini sebelum pukul 5 pagi.

Destinasi wisata Bukit Sikunir ini berlokasi di sebuah desa yang bernama Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Selain sunrise, di Bukit Sikunir ini kamu juga bisa menikmati keindahan-keindahan yang lain yang sayang sekali bila kamu lewatkan. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 2 dini hari sampai dengan mentari terbenam yaitu pukul 6 sore. Tarif tiket yang berlaku di Bukit Sikunir adalah sebesar 10 ribu rupiah.

4. Wisata Candi Gatotkaca di Dieng

Destinasi wisata berikutnya yang berada tak jauh dari kawasa wisata dieng adalah Candi Gatotkaca. Candi Gatotkaca ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang ingin berwisata di kawasan dieng. Tempat wisata ini sudah masuk dalam kawasan cagar alam di kabupaten Banjarnegara. Terdapat sejarah yang cukup panjang dari candi yang satu ini.

Konon, Candi Gatotkaca ini mulai di bangun pada masa kepemerintahan ratu Sima. Namun candi ini baru di temukan pada kurun waktu sekitar 1814. Kamu bisa datang ke Candi Gatotkaca dan menambah wawasan mu perihal sejarah yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Candi yang sudah berusis ratusan tahun ini berlokasi di Dieng Kulon, Batur, Karangsari, Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara. Candi Gatotkaca ini menyimpan banyak sekali artefak-artefak tua yang sangat memukau. Bila kamu singgah di candi Gatotkaca, kamu juga bisa sekalian mampir di Museum Kailasa yang berada tak jauh dari candi gatotkaca tersebut. Karena di Museum Kailasa ini kamu bisa mendapatkan ilmu sejarah dari dataran dieng yang lengkap.



Jam operasional dari destinasi wisata sejarah Candi Gatotkaca ini adalah setiap hari di mulai dari pukul 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Adapun untuk tiket masuk yang di tetapkan oleh pengelola destinasi wisata tersebut adalah sebesar 10 ribu rupiah untuk satu orang. Dengan mengunjungi Candi Gatotkaca ini kamu akan semakin bertambah ilmu dan mengenal sejarah. Karena, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan sejarah pendahulunya.

Nah itulah beberapa destinasi wisata di Dieng yang mempesona dan yang wajib untuk kamu kunjungi untuk dapat menikmati Kawasan Dieng dengan lebih menyenangkan saat liburan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.